Air Terjun Grenjengan Kembar - Magelang

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai lokasi, aksesibilitas, fasilitas, tiket Air Terjun Grenjengan Kembar - Magelang. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan air terjun indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Memang karena letaknya di kelilingin banyak gunung, Magelang memiliki banyak sekali Curug (air terjun), salah satunya yang saya kunjungi kali ini yaitu Curug Grenjengan Kembar. Diberi nama demikian karena dalam lokasi wisata ini terdapat dua buah curug yang bersebelahan. Sumber curug ini berasal dari anak sungai Cebong yang mata airnya dari lereng gunung Merbabu. untuk kedua kalinya saya mengunjungi curug ini setelah pertama kalinya tahun lalu di musim kemarau. Tidak terlalu puas karena debit airnya lebih sedikit dibanding kunjungan kali ini.

Curug Grenjengan Kembar terletak di Dusun Citran, Desa Muneng Warangan, Kecamatan Pakis, Magelang, Jawa Tengah. Kali ini saya bersama komunitas “Indonesia Landscaper (ILS)” berangkat dari kota Jogja mengikuti  Jalan Magelang, sesampainya di lampu lalu lintas mal Artos (Armada) ambil jalan ke arah Kopeng melewati terminal Bukit Tidar. Lampu lalu lintas setelah terminal ambil kanan ke arah jalan raya Kopeng. Ikuti jalan tersebut sampai menemukan pertigaan yang ada papan petunjuk makam. Ambil kiri (jalan menurun) lalu ikuti jalan tersebut sampai anda menemukan papan petunjuk Curug Grenjengan Kembar. Hati-hati ketika mulai memasuki jalan desa karena selain jalannya hanya terdiri dari batu juga banyak anak kecil bermain di jalan tersebut.

Lokasi
Terletak di Dusun Citran, Desa Wunengwarangan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah.

Aksesbilitas
Berjarak sekitar 1,5 km dari pertigaan kecamatan Pakis yang menghubungan kota Magelang dengan kota Salatiga.  Jalan masuk ke air terjun ini adalah jalan menuju makam panembahan Ngabehi Noto di Ngabean di jalan raya Besar Salatiga - Magelang.  Setelah masuk jalan ini langsung ke Dusun Citran.  Kondisi jalan ini sudah beraspal hanya bebrapa titik masih ada jalan makadam atau berbatu.

Setelah tiba di tempat pakir (beberapa pelataran rumah penduduk yang dijadikan lahan parkit ) perjalanan di teruskan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak.  Kondisi jalans setapak ini sangat landai atau tidak ada naik turun yang ekstrim.  Jalan setapak ini nantinya akan melewati lereng tanah hasil dari pemangkasan lahan dan jembatan bambu.  Usai jembatan bambu ada pertingaan dan ambil yang kekiri dengan jalan sedikit menurun dan berkelok.  Setelah itu akan tiba di lokasi air terjun tersebut berada,

Tiket dan Parkir
Tidak ada tiket masuk, sedangkan biaya parkir resmi tidak ada hanya jasa penitipan kendaraan baik roda dua atau empat yang dikutip oleh penduduk setempat.

Fasilitas dan akomodasi
Belum adanya papan petunjuk untuk masuk ke lokasi di jalan besar Salatiga Magelang sehingga sulit untuk menemukan keberadaan air terjun ini.  Dibeberapa titik lokasi ini sudah ada warung-warung kecil yang menjajakan makanan dan minuman.  Juga beberapa gubug peristirahatan juga sudah dibangun yang letaknya saling berdekatan.


Lokasi


Air Terjun Grenjengan Kembar - Magelang

Aksesibilitas


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Air Terjun Grenjengan Kembar - Magelang, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Air Terjun Di Indonesia
0 comments "Air Terjun Grenjengan Kembar - Magelang", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment