Air Terjun Seloprojo - Magelang

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai lokasi, aksesibilitas, fasilitas, tiket Air Terjun Seloprojo - Magelang. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan air terjun indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Lokasi
Terletak di Desa Seloprojo, Kecamaan Ngablak, Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah.
Peta dan Koordinat GPS:

Air Terjun Seloprojo - Magelang
Air Terjun Seloprojo atau yang lebih dikenal dengan nama Air Terjun Sumuran,lantaran di beberapa meter sebelum ujung atas air terjun, terdapat lubang seperti sumur dengan kedalaman sekitar 8-10 meter. Air terjun ini berada di kawasan kaki Gunung Telomoyo dan memiliki ketinggian terjenunan air sekitar 35 meter.
Didasar air terjun ini terdapat bak penampungan limpahan air yang terdiri dua tingkat.  Pada sisi depan bak penampungan ini terdapat ornamen kepala singa. Dari kepala singa inilah limpahan air mengalir ke kolam dibawahnya dan dialirkan lagi ke selokan yang digunakan masyarakat untuk kepentingan pengairan. Sebuah jembatan berpagar besi menjadi penghias air terjun ini.

Aksesbilitas
Berjarak sekitar 44 km sebelah tenggara kota Magelang.  Untuk menuju air terjun ini tidaklah sulit.  Jika dari arah Salatiga atau Kopeng, dapat lewat Pasar Ngablak.  Lalu belok ke kanan melewati depan Kantor Kecamatan Ngablak menuju Desa Seloprojo. Sedangakn kalau dari arah Magelang atau Semarang, dapat lewat depan Puskesmas Grabag menuju ke Seloprojo.  Kondisi jalan menuju kesana sudah beraspal akan tetapi berkelok-kelok dan banyak tanjakan dengan tikungan yang agak tajam.
Setelah sampai di Desa Seloprojo dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak.  Bagi yang mengendari mobil dapat memarkir kendaraannya di halaman rumah penduduk.  Jarak dari desa ini ke air terjun sekitar 1,5 km. Jika naik kendaraan roda dua dapat langsung diparkir di dekat loket penjualan tiket atau dikendarai menyusuri jalan tanah hingga ke areal hutan pinus, tidak jauh dari air terjun.

Fasilitas dan Akomodasi
Fasilitas yang ada antara lain ruangan kecil untuk bilas, area camping ground dan kolam yang berada di bawah air terjun. Juga adanya jembatan kecil dari besi berada di depan air terjun.

Tiket dan Parkir
Tiket masuk adalah  Rp 2.200 per orang dan parkir sepeda motor Rp 1.000.


Lokasi


Air Terjun, Curug, Seloprojo Magelang, Wisata, Pesona, Foto, Pemandangan

Aksesibilitas


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Air Terjun Seloprojo - Magelang, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Air Terjun Di Indonesia
0 comments " Air Terjun Seloprojo - Magelang", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment