Air Terjun Sekar Langit - Magelang

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai lokasi, aksesibilitas, fasilitas, tiket Air Terjun Sekar Langit - Magelang. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan air terjun indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Lokasi
Terletak Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah.
Peta dan Koordinat GPS:

Air Terjun Sekar Langit - Magelang
Sekar Langit dalam bahasa jawa, sekar berarti bunga, dan langit berarti langit, maka jika diterjemahkan berarti bunga yang turun dari langit.  Air terjun Sekar Langit merupakan tetesan mata air yang berasal dari puncak Gunung Telomoyo, gunung yang membatasi antara kota Salatiga dan kota Magelang di Jawa Tengah.
Air Terjun Sekar Langit memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan aliran airnya nanti akan mengalir ke arah barat menuju ke aliran sungai Elo dan selanjutnya bermuara di laut selatan Jawa.

Aksesbilitas
Berjarak sekitar 5 km dari Kopeng dari arah utara kota Salatiga.  Dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil dengan kondisi jalan sudah beraspal, akan tetapi sangat curam dengan banyak turunan.
Untuk sampai ke obyek wisata Air Terjun Sekar Langit ini, dapat di capai dari dua arah.  Arah pertama masuk dari kota Salatiga. Dimana sesampainya di desa Getasan (sebelum Kopeng), ambil jalan ke kanan hingga pintu gerbang.  Jarak dari desa ini hingga pintu gerbang sekitar 3-4 km.  Sedangkan arah kedua masuk dari kota Magelang melewati daerah Grabag dengan menyusuri perbukitan. Dari Kota Kecamatan Grabag ini, dapat ditempuh dalam waktu sekitar 10-15 menit, dengan pintu masuknya berada di Dusun Dalangan, Desa Pandean Ngablag.
Selanjutnya dari pintu gerbang menuju air terjun sekitar 500 meter melalui jembatan dan jalan setapak yang menanjak melewati hutan pinus.  Di sepanjang jalan terpampang beberapa papan pengumuman yang diletakkan di pohon untuk mengingatkan pengunjung bilmana hujan tiba, harus keluar dari lokasi.  Hal ini dikarenakan sering terjadi air bah yang datang dari hulu bila musim hujan tiba.  Begitu juga terdapat larangan mandi dan turun ke sungai saat musim hujan tiba.

Tiket dan Parkir
Tiket masuk tiap kendaraan bermotor adalah Rp. 2000  dan mobil Rp. 3000.


Lokasi


Air Terjun, Curug, Sekar Langit Magelang, Wisata, Pesona, Foto, Pemandangan

Aksesibilitas


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Air Terjun Sekar Langit - Magelang, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Air Terjun Di Indonesia
0 comments "Air Terjun Sekar Langit - Magelang", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment