Air Terjun Grojogan Kedung Kayang - Magelang

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai lokasi, aksesibilitas, fasilitas, tiket Air Terjun Grojogan Kedung Kayang - Magelang. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan air terjun indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Air Terjun Kedung Kayang terletak di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Air terjun ini berada di kaki Gunung Merapi yang sempat meletus dengan dahsyat pada tahun 2010 silam. Namun karena letusan tersebut, panorama di lokasi air terjun bertambah cantik dan indah.

Batu-batu besar yang dimuntahkan oleh gunung teraktif di dunia tersebut sekarang menghiasi air terjun ini. Beberapa batu bahkan ada yang berukuran sebesar mobil minivan, dan juga ada yang sudah ditumbuhi oleh rerumputan liar.

Air Terjun Kedung Kayang memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Meskipun tingginya hanya segitu tapi pancuran dari air terjun ini mengalir begitu deras dan menimbulkan suara yang bergemuruh dan menggema. Biasanya pengunjung menikmati segarnya air terjun dengan mandi dan berendam di aliran sungai dari air terjun ini.

Bila sobat mengunjungi air terjun tertinggi di Magelang ini sebaiknya datang di pagi hari karena untuk menuju ke lokasi air terjun ini jaraknya cukup jauh dan menguras tenaga. Dan bila saat hujan datang segera tinggalkan lokasi air terjun ini untuk menghindari bencana yang tidak diinginkan.

Lokasi
Terletak di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah.
Peta dan Koordinat GPS: 7° 30' 0.78" S  110° 23' 38.45" E

Aksesbilitas
Berjarak kurang lebih 19 km dari Blabak di jalur Blabak-Boyolali.  Wisata Grojogan Kedung Kayang ini searah dengan wisata Ketep di Sawangan.  Jadi sebelum naik ke Ketep ada jalan ke kanan yang menuju ke Selo - Boyolali, sekitar 5 -6 km dengan jalan yang berliku.
Akses ke objek wisata ini relatif mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan pribadi atau umum dengan kondisi jalan beraspal yang relatif baik.  Pintu masuk ke lokasi ini dapat dari kota Muntilan, Salatiga atau Boyolali.
Setibanya di area obyek wisata ini akan ditemui pintu gerbang sederhana yang terletak pada jalan yang membelok, dimana di dekatnya terdapat jalan kecil menuju bumi perkemahan.  Kurang lebih 100 m selanjutnya akan di temui area parkir kendaraan.  Untuk menuju lokasi grojogan ini masih harus berjalan sekitar 15 menitan atau sekitar 200 m jaraknya. Dari tempat parkir ini sekitar 100 m  akan ditemui jalan percabangan 2, yang lurus dan ke kiri.  Untuk yang berbelok kekiri sedangkan yang lurus sejauh kurang lebih 1 km dengan cara memutar melewati persawahan dan aliran sungai.
Sesampainya di lokasi, dari tempat parkir masih harus jalan sekitar 15 menit  atau sekitar 200 m untuk benar-benar sampai di air terjunnya.  Ada dua jalur untuk menuju grojogan ini.  Yang pertama, jalan lurus langsung sehingga bisa melihat pemandangan grojogan dari atas dan bawah. Atau yang kedua, jalan ke arah kiri yang hanya bisa melihat pemandangan grojongan dari atas.  Kondisi ke dua jalur ini berliku dan sudah dibuatkan undakan, walau sebagian kecil belum ada pagar pengaman.

Tiket dan Parkir
Tiket masuk adalah Rp 2500 perorang dan parkir sebesar Rp 1000.

Fasilitas dan Akomodasi
Fasilitas yang ada antara lain toilet, kedai makan, bumi perkemahan dan tempat parkir.


Lokasi


Air Terjun Grojogan Kedung Kayang - Magelang

Aksesibilitas


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Air Terjun Grojogan Kedung Kayang - Magelang, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Air Terjun Di Indonesia
0 comments "Air Terjun Grojogan Kedung Kayang - Magelang", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment