Air Terjun Silangit - Purworejo

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai lokasi, aksesibilitas, fasilitas, tiket Air Terjun Silangit - Purworejo. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan air terjun indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Lokasi
Terletak di Dusun Jeketro, Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Propinsi Jawa Tengah.
Peta dan Koordinat GPS:

Air Terjun Silangit - Purworejo
Salah satu daya tarik Curug Silangit adalah karena Curug tersebut mempunyai 3 tingkatan curug (terjunan air). Curug pertama atau yang paling atas sendiri adalah curug yang paling tinggi sekitar 30 meter. Curug kedua sekitar 10 meter atau setinggi pohon kelapa. Dan yang paling bawah juga sekitar 10 meteran. Untuk curug tingkat ke 3 (terbawah) bernama Curug Siklotok.
Setiap curug dibawahnya terdapat kedung/kolam yang sering dijadikan tempat mandi bagi para pengunjung. Tiap-tiap kedung itu rata-rata memiliki kedalaman lebih dari 5 meter.
Curug 3 tingkat ini berlokasi di Dusun Jeketro, Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Propinsi Jawa Tengah, atau sekitar 20 Km dari kota Purworejo.
Curug Siklotok adalah curug paling bawah diarea ini dengan ketinggian sekitar 15meter. Setiap curug di area ini pada  bagian bawahnya memiliki kedung/kolam yang sering dijadikan tempat mandi bagi para pengunjung. Tiap-tiap kedung itu rata-rata memiliki kedalaman sekitar 5 meter jika debit air sedang naik. namun pada curug silangit dan curug yang berada ditengah dilarang untuk mandi karena terlalu berbahaya dan cukup dalam. Untuk pengunjung biasanya hanya mandi/ berenang di area curug siklotok karena lebih aman dan tempatnya lebih ramai, selain itu air yang mengalir dari curug Siklotok yang melewati sungai juga dimanfaatkan untuk bermain air oleh pengunjung, karena bebatuannya yang indah dan terdapat jeram-jeram kecil yang sangat indah dengan kedalaman airnya yang beragam, mulai dari yang semata kaki hingga 1,5 meter.
Untuk mencapai curug yang kedua, kami harus menaiki anak tangga tepat disebelah kanan curug sikotok, perjalanan menuju curug yang kedua sekitar 15 menit sampai 20 menit. Selama menaiki anak tangga menuju curug silangit kami melewati 2 curug kecil diantara curug siklotok dan curug yang berada ditengah, curug yang relatif lebih kecil dengan area yang lebih sempit namun terlihat sangat indah dengan kedung/kolam kecil yang cukup dalam dengan diampit bebatuan besar membuat curug ini terlihat seperti taman yang sangat indah. Curug kecil ini memiliki ketinggian sekitar 3 sampai 5 meter. Setelah melewati tanjakan yang cukup panjang sampailah di curug yang kedua dengan ketinggian sekitar 10meter. Curug kedua ini didominasi dengan bebatuan-bebatuan besar disamping curug yang memungkinkan untuk dipanjat dan bisa menikmati keindahan curug dari atas, namun harus tetap hati-hati.
Curug yang paling tinggi disini bernama curug Silangit, dengan ketinggian lebih dari 30 meter, membuat curug ini menjadi curug tertinggi dikabupaten Purworejo. Untuk menuju curug Silangit kami harus menyusuri sungai. Batuan terjal, lumut yang licin dan air yang jernih menemani kami menuju curug Silangit, setelah menyusuri kurang lebih 15 menit sampailah kami di Curug Silangit. Curug dengan ketinggian lebih dari 30 meter terlihat gagah dengan jatuhnya air yang tidak beraturan dan melewati beberapa kolam untuk sampai dialiran sungai dan mengalir menuju curug yang berada dibawahnya. Tepat dibawah curug Silangit juga terdapat kolam/ kedung dengan kedalaman sekitar 5 meter, disini juga tidak diperbolehkan untuk mandi karena terlalu berbahaya. Potensi alam bukit menoreh, suasana pedesaan dusun Jekerto, eksotisme dari curug yang bertingkat-tingkat terangkum menjadi satu dalam satu tempat, menjadikan tempat ini layak dan menjadi pilihan untuk mengisi akhir pekan atau liburan bersama kekasih, sahabat, ataupun keluarga.
 
Aksesbilitas
Berjarak 16 km ke arah timur dari pusat kota Purworejo melalui jalur Purworejo - Kaligesing.  Lokasi Curug Silangit ini sangat mudah dijangkau, karena letaknya tak jauh dari tepi jalan raya Kaligesing. Perjalanan menuju ke sana bisa ditempuh dengan angkutan umum ataupun kendaraan pribadi. Jika menggunakan angkutan umum, bisa menggunakan angkutan umum jurusan Purworejo-Kaligesing yang terminal angkotnya berada di belakang Pasar Baledono, lalu turun di balai Desa Somongari. Ongkos kendaraan umum sebesar Rp 5000 per orang.
Sedangkan bagi pengguna kendaraan roda dua atau roda empat, kendaraan bisa diparkirkan di balai desa tersebut atau di halaman rumah penduduk sekitar yang memang sering dijadikan tempat parkir oleh para pengunjung.
Selanjutnya dari tempat parkiran ini perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki sejauh 4 km atau sekitar 60 menit dengan berjalan kaki menuju ke lokasi parkiran curug ini berada. Kondisi jalan setapak ini satu kilometer berupa batu kali yang ditata rapi, sedangkan sisanya masih berupa jalan tanah.

Tiket dan Parkir
Tiket masuk Rp 2500 per orang dan biaya parkir Rp 1000 untuk kendaraan roda dua.

Wisata Lain
Goa Seplawan terletak tidak jauh dari Curug Silangit dengan satu akses jalur yang sama.


Lokasi


Air Terjun (Curug) Silangit - Purworejo

Aksesibilitas


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Air Terjun Silangit - Purworejo, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Air Terjun Di Indonesia

2 comments: