Air Terjun Siklotok - Purworejo

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai lokasi, aksesibilitas, fasilitas, tiket Air Terjun Siklotok - Purworejo. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan air terjun indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Lokasi
Terletak di Dusun Jeketro, Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Propinsi Jawa Tengah.
Peta dan Koordinat GPS: 7° 44' 15.10" S  110° 5' 13.66" E

Air Terjun Siklotok - Purworejo
Curug Siklotok ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan letaknya berada di bawah Curug Silangit sekitar 150 m. Curug 3 tingkat ini berlokasi di Dusun Jeketro, Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Propinsi Jawa Tengah, atau sekitar 20 Km dari kota Purworejo. Untuk masuk area curug harus membayar tiket masuk area sebesar Rp. 2.000,- per orang dan parkir motor sebesar Rp. 1.000,-, diarea wisata ini sudah terdapat beberapa fasilitas seperti kamar mandi yang berjumlah 4 buah, dan beberapa warung makan. Curug diarea ini terdiri dari 3 tingkat curug yang terdiri dari curug Siklotok yang terletak paling bawah, lalu ada curug yang berada ditengah, dan yang paling atas dan paling tinggi adalah curug Silangit.
Setelah sampai di lokasi dan memarkir kendaraan diarea yang sudah disediakan, kami harus berjalan kaki sekitar 30 menit menuju curug yang berada paling bawah, yaitu curug Siklotok. Jalan menuju lokasi curug dibuat dari batu yang ditata rapi sehingga memudahkan pengunjung yang ingin menikmati keindahan curug, selama perjalanan kami ditemani aliran sungai dengan beberapa jeram yang cukup tinggi dengan batuan besar yang menambah keindahan, juga terdapat beberapa jembatan dari bambu yang menambah suasana tradisional dari tempat ini. Selain itu kami juga melewati beberapa kadang hewan ternak khas Kaligesing, yaitu kambing etawa. Selama perjalanan juga tercium bau menyengat dari buah durian, karena kami melewati beberapa pohon durian yang pada saat itu daerah Kaligesing sedang musim durian. Tepat sebelum sampai lokasi curug Siklotok kami menyusuri pinggir sungai dengan bebatuan tak beraturan yang menghasilkan jeram yang indah dengan air yang sangat jernih, sehingga dasar dari sungai terlihat sangat jelas. Suara gemercik air membuat kami ingin segera menikmati kesegaran air dari curug ini.
Curug Siklotok adalah curug paling bawah diarea ini dengan ketinggian sekitar 15meter. Setiap curug di area ini pada  bagian bawahnya memiliki kedung/kolam yang sering dijadikan tempat mandi bagi para pengunjung. Tiap-tiap kedung itu rata-rata memiliki kedalaman sekitar 5 meter jika debit air sedang naik. namun pada curug silangit dan curug yang berada ditengah dilarang untuk mandi karena terlalu berbahaya dan cukup dalam. Untuk pengunjung biasanya hanya mandi/ berenang di area curug siklotok karena lebih aman dan tempatnya lebih ramai, selain itu air yang mengalir dari curug Siklotok yang melewati sungai juga dimanfaatkan untuk bermain air oleh pengunjung, karena bebatuannya yang indah dan terdapat jeram-jeram kecil yang sangat indah dengan kedalaman airnya yang beragam, mulai dari yang semata kaki hingga 1,5 meter.
Rutenya kalau dari alun alun Kota Purworejo arah pantog (Patung WR Supratman) lurus ke arah Tambakrejo, belok kanan arah Cangkrep Lor , trus Cangkrep Kidul, sampai perempatan setelah balai desa Kemanukan belok kiri. Ikuti saja jalan itu. Karena Cuma ada satu jalan itu saja. Kalau naik angkot bisa dicapai dengan angkot primkopol nomer 11 yang ada di belakang Pasar Baledono.  Turun di balaidesa Somongari. Mobil atau motor bisa diparkir dibalai desa Somongari kaligesing atau di titipkan dirumah penduduk sekitar saja.
Untuk mencapai lokasi bisa detempuh dengan motor atau bisa juga dengan jalan kaki. Jalan kaki bagi yang santai sekitar 30 – 60 menit ini pengalaman kami, karena badan kami masih lelah setelah melakukan perjalanan Tangerang Purworejo. Kalau mau lebih mudah nyari ojek aja penduduk sekitar. Jangan takut nyasar. Penduduk setempat orangnya ramah ramah, bisa tanya penduduk aja arah curug.
Tempat tersebut masih alami, pengunjung belum terlalu banyak, jadi suasananya masih sangat damai. Seimbang dengan keindahannya, perjalanan mendaki ke 3 curug tersebut juga cukup melelahkan. Jadi untuk yang baru pertama kali disarankan membawa air minum dan bekal yang cukup, memmakai pakaian dan peralatan yang ringan-ringan saja dan hati-hati karena jalanan ada yang licin terutama diwaktu hujan.

Tiket dan Parkir
Tiket masuk Rp 2500 per orang dan biaya parkir Rp 1000 untuk kendaraan roda dua.


Lokasi


Air Terjun (Curug) Siklotok - Purworejo

Aksesibilitas


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Air Terjun Siklotok - Purworejo, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Air Terjun Di Indonesia
0 comments "Air Terjun Siklotok - Purworejo", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment