Air Terjun Grojogan Sewu - Karanganyar

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai lokasi, aksesibilitas, fasilitas, tiket Air Terjun Grojogan Sewu - Karanganyar. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan air terjun indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Grojogan Sewu merupakan salah satu air terjun yang berada di Jawa Tengah. Terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Air terjun Grojogan Sewu terletak di lereng Gunung Lawu. Grojogan Sewu terletak sekitar 27 km di sebelah timur Kota Karanganyar. Air terjun Grojogan Sewu merupakan bagian dari Hutan Wisata Grojogan Sewu.

Grojogan Sewu berarti air terjun seribu. Meski air terjun di sini tidak berjumlah seribu, tetapi ada beberapa titik air terjun yang dapat dinikmati di sini. Kata sewu atau seribu disini berasal dari seribu pecak, atau satuan jarak yang digunakan saat itu yang merupakan tinggi air terjun. Satu pecak sama dengan satu telapak kaki orang dewasa. Air terjun tertinggi yang ada tingginya sekitar 80 meter. Ada pula air terjun yang tidak terlalu tinggi tetapi pancurannya meluas dan membentuk cabang-cabang. Bila sedang musim hujan, sekeliling tebing akan dihujani air terjun, tetapi saat musim panas, banyak air terjun yang kering.

Hutan Wisata Grojogan Sewu memiliki luas 20 Ha. Kawasan hutan ini banyak ditumbuhi berbagai jenis pohon hutan dan dihuni oleh sekelompok kera jinak. Beberapa fasilitas dari hutan wisata ini adalah Taman Binatang Hutan, kolam renang, tempat istirahat, kios makanan, kios buah-buahan dan cinderamata, mushola dan MCK.

Lokasi
Terletak di Desa Sepanjang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Propinsi Jawa Tengah.
Peta dan Koordinat GPS: 7°39'36"S   111°7'47"E  7° 40' 46.62" S  111° 8' 11.21" E

Aksesbilitas
Dari Terminal Tirtonadi Solo naik bis jurusan Solo - Tawangmangu, dengan tarif sekitar 3500 rupiah. Perjalanan selama 1,5 jam melalui kota Karanganyar, kemudian melewati jalan Tawangmangu yang menanjak dan berkelok-kelok. Bis jurusan Solo - Tawangmangu ini hanya beroperasi hingga pukul 18.00. Setelah turun di terminal Tawangmangu perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju loket pintu masuk kawasan wisata atau naik angkutan L300 yang biasanya juga mengangkut sayur mayur. Ongkos angkutan ini adalah Rp 1000.  Atau juga dapat naik kuda yang bayak disewakan bila malas berjalan kaki.
Ada dua loket pintu masuk ke kawasan ini.  Yang pertama terletak di atas, sedangakan pintu kedua terletak di lereng bawah.  Selanjutnya untuk menuju air terjun, harus menuruni ratusan anak tangga yang beralas batu bila masuk melalui pintu loket pertama.  Perjalanan menuju air terjun ini akan menemui monyet berekor panjang yang hidup bebas di kawasan ini.  Jumlahnya cukup banyak akan tetapi umumnya tidak akan mengganggu.

Tiket dan Parkir
Harga tiket masuk adalah Rp 6000/orang.

Fasilitas dan Akomodasi
Fasilitas yang ada di obyek wisata ini antara lain 2 buah kolam renang untuk anak-anak dan dewasa, Shelter, warung makan, kios buah-buahan dan cinderamata, taman binatang, mushola dan MCK.


Lokasi


Air Terjun Grojogan Sewu - Karanganyar

Aksesibilitas


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Air Terjun Grojogan Sewu - Karanganyar, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Air Terjun Di Indonesia
0 comments "Air Terjun Grojogan Sewu - Karanganyar", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment