Air Terjun Parang Ijo - Karanganyar

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai lokasi, aksesibilitas, fasilitas, tiket Air Terjun Parang Ijo - Karanganyar. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan air terjun indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Lokasi
Terletak di Dusun Munggur, Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Propinsi Jawa Tengah.
Peta dan Koordinat GPS: 7°37'16"S   111°7'59"E

Air Terjun Parang Ijo - Karanganyar
Air Terjun Parang Ijo terletak di lereng Gunung Lawu dan memiliki ketinggian sekitar 50 m.  Air terjun ini berjarak tempuh sekitar 20 menit dari komplek wisata candi Cetho.

Aksesbilitas
Berjarak sekitar 2 km dari pertigaan Nglorok.  Dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau umum baik roda dua atau empat dengan kondisi jalan cukup bagus.  Dari pertigaan Nglorok ambil belokan ke kiri, ke arah Candi Cetho.  Selanjutnya ikutin jalan hingga tiba di lokasi air terjun berada.   Jalan menuju air terjun ini cukup sempit, sangat susah bila ada dua kendaraan berpapasan, berliku dan naik turun.
Bagi pengguna kendaraan umum dari kota Solo naik bis jurusan Tawangmangu atau Matesih dan turun di terminal Karang pandan.  Lalu di terminal ini berganti dengan bis kecil berwarna biru dengan trayek Karang Pandan - Ngargoyoso - Kerjo, turun di pertigaan Nglorok dengan ongkos Rp 2.000,-.  Perjalanan selanjutnya menempuh jalan beraspal sejauh sekitar 1,9 km hingga tiba di pos pemungutan restribusi,  Perjalanan ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau naik ojek dengan tarif resmi dan terjangkau.
Tidak jauh dari pos retibusi tersebut terdapat sebuah pertigaan yang kalau lurus menuju ke Air Terjun Jumog dan Candi Sukuh, sedangkan kalau belok kiri ke Candi Cetho dan Air Terjun Parang Ijo.   Ambil belokan kiri dan terus ikuti hingga tiba di lokasi air terjun berada.

Tiket dan Parkir
Tiket masuk adalah Rp 2500 per orang.  Pengelolaan wisata air terjun ini dilakukan oleh masyarakat sekitar.  Sebelumnya membayar tiket restribusi masuk ke kawasan wisata sebelum pertigaaan Ngloros sebesar Rp 1000 bagi pengguna roda dua.

Fasilitas dan Akomodasi
Fasilitas yang tersedia di lokasi ini adalah Menara atau Gardu Pandang, area taman bermain, kolam renang dan juga warung penjaja makanan.

Wisat Lain
Kompleks Candi Cetho di Ngargoyoso,


Lokasi


Air Terjun, Curug, Parang Ijo Karanganyar, Wisata, Pesona, Foto, Pemandangan

Aksesibilitas


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Air Terjun Parang Ijo - Karanganyar, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Air Terjun Di Indonesia
0 comments "Air Terjun Parang Ijo - Karanganyar", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment