Air Terjun Umbul Songo - Semarang

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai lokasi, aksesibilitas, fasilitas, tiket Air Terjun Umbul Songo - Semarang. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan air terjun indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Lokasi
Terletak di komplek wana wisata Kopeng, di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Propinsi Jawa Tengah.
Peta dan Koordinat GPS: 7°23'49"S   110°25'17"E

Air Terjun Umbul Songo - Semarang
Air Terjun Umbul Songo berada di ketinggian 1.450 m dari permukan laut yang diapit oleh Gunung Telomoyo, Andong dan Merbabu.  Tinggi air terjun ini kurang lebih 15 meter dengan aliran yang tak begitu deras dan bila musim kemarau bahkan tidak airnya sama sekali.  Berbagai tanaman liar dan batu di kanan kiri aliran air terjun menghiasi sebagai ornamen alam yang khas.

Aksesbilitas
Berjarak sekitar 15 km dari kota Salatiga, 34 km dari kota Ungaran, 54 km dari kota Semarang. Sedangkan dari arah barat melalui kota Magelang berjarak 23 km.  Untuk menuju kesana dari kota Magelang ambil arah ke kanan lewat terminal bus induk magelang (terminal Canguk), terus ke utara. Sesampainya di pertigaan lampu merah ambil kanan.  Setelah itu melewati jembatan sungai Elo.  Jalan terus kurang lebih 45 menit hingga tiba di depan pintu gerbang lokasi wisata Kopeng berada.
Bagi yang menggunakan kendaraan umum jika berangkat dari Semarang, naik bis jurusan Solo dengan biaya 6 ribu dan turun di Pasar Sapi (Salatiga). setelah itu dilanjutkan dengan naik bis kecil dan turun di belokan pintu masuk obyek wisata Umbul Songo dengan biaya 2 ribu. Dari belokann ini diteruskan dengan berjalan kaki hingga pintu gerbang masuk Umbul Songo.
Untuk bisa sampai di lokasi air terjun hanya butuh waktu setengah jam berjalan kaki dari gerbang masuk.  Kondisi jalan menuju ke arah air terjun ini sebagian berupa jalan setapak menanjak yang licin bila selepas hujan.  Sebenarnya banyak penduduk lokal yang menawarkan jasa naik kuda jika tidak ingin kepayahan mendaki tanjakan dengan tarif Rp 20.000, namun tetap saja harus berjalan kaki untuk bisa masuk lebih dalam ke pelosok hutan.

Tiket dan Parkir
Tiket masuk adalah Rp 5000 per orang.

Fasilitas dan Akomodasi
Fasilitas di lokasi ini cukup lengkap seperti adanya area parkir yang luas, taman bermain, musholla, kamar mandi dan bumi perkemahan.  Juga ada kolam renang bagi yang ingin berenang.
Disimi banyak tersedia akomodasi dengan villa-villa yang dilengkapi fasilitas TV dan air panas, ruang pertemuan, ruang makan, bahkan dapur.  Bahkan jika ingin berhemat  bisa menginap di rumah-rumah penduduk yang memasang tarif Rp20.000-Rp30.000 semalam.


Lokasi


Air Terjun, Curug, Umbul Songo Semarang, Wisata, Pesona, Foto, Pemandangan

Aksesibilitas


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Air Terjun Umbul Songo - Semarang, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Air Terjun Di Indonesia
0 comments "Air Terjun Umbul Songo - Semarang", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment