Air Terjun Kali Pancur - Semarang

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai lokasi, aksesibilitas, fasilitas, tiket Air Terjun Kali Pancur - Semarang. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan air terjun indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Lokasi
Terletak di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Propinsi Jawa Tengah.
Peta dan Koordinat GPS: 7°22'34"S   110°25'42"E

Air Terjun Kali Pancur - Semarang
Air Terjun Kali Pancur memiliki ketinggian sekitar 100 meter, berada pada punggungan Gunung Telomoyo yang mengarah ke Danau Rawa Pening.  Sepanjang punggungan gunung ini selain terdapat air terjun juga memiliki banyak tebing batu andesit dengan ketinggian bervariasi dari 20 meter sampai 100 meter.  Di Lokasi ini  banyak para pecinta alam melakukan panjat tebing dengan kemiringan hampir 90 derajat.
Selain dihiasi relief bebatuan alam serta sejumlah tumbuh–tumbuhan perintis, tebing air terjun itu juga dipenuhi goa kecil tempat berteduh bagi burung walet.

Aksesbilitas
Berjarak sekitar 14 km sebelah barat Kota Salatiga dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.  Akses ke air terjun ini relatif mudah dengan mengambil arah ke jurusan Kota Magelang lewat Kopeng.  Tiga km sebelum Kopeng ada penunjuk arah untuk belok ke kanan menuju air terjun.  Ikuti jalan tersebut hingga tiba di pintu gerbang lokasi air terjun.  Meski jalanan tergolong cukup baik, tetapi rute dari Salatiga menuju Desa Nogosaren lebih banyak didominasi tanjakan
Bagi yang menggunakan kendaraan umum dari Pasar Sapi Salatiga naik angkutan desa ke arah Kopeng atau elf jurusan Magelang via Kopeng. Turun di pertigaan di Desa Wates, Kecamatan Getasan, selanjutnya dari sini harus berjalan kaki sekitar 4 km atau naik ojek hingga pintu gerbang karena tidak tersedia kendaraan umum.
Dan akhirnya dari pintu gerbang perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuruni bukit sejauh 900 meter, melewati anak tangga dari beton hingga ke air terjun.

Tiket dan Parkir
Tiket masuk adalah Rp 2000 per orang.

Wisata Lain
Mata Air Blondo, sering dipake kumkum para anggota kejawen untuk kegiatan lelaku.
Danau Rawa Pening
Prasasti Ngrawan


Lokasi


Air Terjun, Curug, Kalipancur Semarang, Wisata, Pesona, Foto, Pemandangan

Aksesibilitas


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Air Terjun Kali Pancur - Semarang, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Air Terjun Di Indonesia
0 comments "Air Terjun Kali Pancur - Semarang", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment