Air Terjun Bengkawah - Pemalang

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai lokasi, aksesibilitas, fasilitas, tiket Air Terjun Bengkawah - Pemalang. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan air terjun indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Lokasi
Terletak di Desa Sikasur, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Propinsi Jawa Tengah.
Peta dan Koordinat GPS: 7°55’ LS dan 109° 50’ BT 7° 7' 49"S (- 7.130°)  109° 21' 28"E (109.358°)

Air Terjun Bengkawah - Pemalang
Curug Bengkawang sering juga disebut Curug Kembar karena mempunyai 2 air terjun yang terbelah oleh batu dan memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Di bawah curug terdapat kolam yang berkedalaman sekitar 3 m dan dapat digunakan untuk berenang atau mandi.  Selain mengalirkan air yang tak pernah kering, di sekitar curug ini cukup banyak kera-kera yang tinggal.
Curug ini berada di aliaran sungai Kluweh yang masih terdapat ikan-ikan besar sehingga banyak pemancing yang datang. Dibelakang curug ini terdapat cekungan seperti gua yang masih banyak terdapat ular-ular seperti kobra dan piton sebagai tempat istirahat sekaligus mencari makan.  Disebelah timur curug ini terdapat sumber mata air yang jernih yang biasanya dijadikan sumber air bersih bagi orang-orang yang berkemah di curug tersebut.

Aksesbilitas
Berjarak + 35 km arah selatan Kota Pemalang.  Dapat ditempuh selama + 1 1/2 jam dengan kendaraan roda dua dari arah kota Pekalongan atau 1 jam dari Jalur Pantura. Dari Jalur Pantura dapat mengambil jurusan ke Randudongkal ± 5 Km . Setelah sampai Randudongkal langsung mengambil arah ke Terminal Randudongkal yang diteruskan dengan belok ke ke kanan kira-kira 100 m dari terminal, setelah masuk  langsung belok kanan dan setelah melihat gapura Curug Bengkawah langsung masuk kira-kira 1 km.  Selanjutnya berjalan kaki selama 5 menit karena kendaraan tidak dapat masuk.

Tiket dan Parkir
Tiket masuk adalah Rp 2500/orang.

Informasi Wisata
Balai KSDA Jawa Tengah
Jl. DR. Suratmo No.171
Semarang 50147
Telp. 024-7614752  Fax. 024-7614701


Lokasi


Air Terjun, Curug, Bengkawah Pemalang, Wisata, Pesona, Foto, Pemandangan

Aksesibilitas


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Air Terjun Bengkawah - Pemalang, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Air Terjun Di Indonesia
0 comments "Air Terjun Bengkawah - Pemalang", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment