Air Terjun Belot - Banyumas

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai lokasi, aksesibilitas, fasilitas, tiket Air Terjun Belot - Banyumas. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan air terjun indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Lokasi
Terletak di Desa Rempoah, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Propinsi Jawa Tengah.
Peta dan Koordinat GPS: -7°21’29″, 109°14’23″

Air Terjun Belot - Banyumas
Curug Belot airnya berasal dari Sungai Belot dengan ketinggian terjunan air sekitar 30 m.
Dan kalau anda berkendara mulai dari kota Purwokerto, setelah 30 menit perjalanan, anda akan sampai di Desa Rempoah. Nah, setelah anda sampai di Bank BRI Rempoah Batureden, anda dapat melanjutkan perjalanan ke arah timur dengan menuju ke aliran sungai yang jaraknya mencapai 500 meter.
Curug Belot ini tidak mempunyai pintu gerbang. Dan para pengunjung yang datang berkunjung ke sana pun tidak di pungut biaya. Anda hanya akan dibebani biaya parkir sebesar Rp1.000* untuk motor yang dapat dititipkan di depan rumah Mbah Putri Belot. Anda juga masih harus berjalan kaki sekitar 10 menit untuk sampai ke lokasi Curug Belot. Ada juga akses lain yang dapat anda coba.
Ketika melaju ke Baturaden, anda dapat berhenti saat berada di depan KUD Rempoah. Selanjutnya, anda dapat melanjutkan perjalanan sambil menyusuri gang yang letaknya di samping KUD Rempoah tersebut. Ikuti saja petunjuka jalannya. Dan seandainya anda masih bingung, anda tak perlu ragu untuk bertanya kepada warga lokal yang anda temui. Dengan senang hati, mereka pasti akan mengarahkan anda ke jalan menuju air terjun yang akan anda kunjungi.

Aksesbilitas
Berjarak tempuh sekitar 30 menit dari kota Purwokerto ke arah utara ke kaasan wisata Baturaden.  Dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau umum roda dua atau empat dengan kondisi jalan sudah baik.
Dari kota Puwokerto arahkan kendaraan ke kawasan wisata Baturaden.  Sesampainya di Desa Rempoah akan ditemui Bank BRI
Sesampainya di depan KUD Rempoah berhenti lalu masuk ke dalam jalan kecil (gang) yang berada persis di samping KUD tersebut.  Bagi yang membawa kendaan pribadi di parkir di pinggir jalan karena tidak muat di gang.  Selanjutnya perjlanan diteruskan dengan berjalan kaki sejauh     melewati rumah penduduk, empang dan kali.

Fasilitas dan Akomodasi
Belum tersedianya tempat parkir, warung-warung penjual makanan dan akses jalan menuju kesana tidak ada. Setelah itu jalan cukup lebar yang disemen mulus mulai menurun. Kemiringan jalan tidak tanggung-tanggung, sekitar 45 derajat, tanpa undakan. Di musim kering saja harus berhati-hati menapaki jalan, bisa dibayangkan bagaimana pada musim penghujan. Jalan kemudian berkelok ke kiri melipir disamping Kali Belot, dan menurun sampai ke dasar kali di dekat lokasi Curug Belot.


Lokasi


Air Terjun, Curug, Belot Banyumas, Wisata, Pesona, Foto, Pemandangan

Aksesibilitas


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Air Terjun Belot - Banyumas, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Air Terjun Di Indonesia
0 comments "Air Terjun Belot - Banyumas", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment