Air Terjun Ceheng - Banyumas

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai lokasi, aksesibilitas, fasilitas, tiket Air Terjun Ceheng - Banyumas. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan air terjun indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Lokasi
Terletak di Desa Gandatapa, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Propinsi Jawa Tengah.
Peta dan Koordinat GPS: -7° 19' 36.00", +109° 16' 4.00"

Air Terjun Ceheng - Banyumas
Curug Ceheng memiliki ketinggian terjunan air hanya 13 meter dan berada di lereng tenggara Gunung Slamet dengan ketinggian sekitar 600 m diatas permukaan laut.  Air terjun ini merupakan salah satu bagian dari aliran kali Pelus yang mengalir ke daerah hilir sampai Sumbang dan Sokaraja.
Karena berada di ketinggian tersebut membuat curug ini selalu berhawa sejuk.  Terlebih-lebih letaknya yang tersembunyi di tengah perkebunan dan hutan, serta ceruknya yang setengah lingkaran dengan latar belakang Gunung Slamet menjadikan kawasan curug ini kerap disambangi pasangan muda Purwokerto yang ingin mojok.  Selain itu di curug ini banyak terdapat kelelawar yang beterbangan di sekitarnya.
Tak jauh dari Curug Ceheng terdapat Curug Lawa yang terletak di sebelah utara.

Aksesbilitas
Berjarak sekitar 15 km di ujung timur dari kota Purwokerto.  Untuk menuju ke Curug Ceheng, tidak terlalu sulit. Jika berangkat dari arah Purwokerto dengan kendaraan pribadi langsung ambil jalur ke arah Sumbang dengan melewati kawasan wisata Baturaden.  Dua jurusan dapat ditempuh, melalui Dukuh Waluh atau Jalan HR Bunyamin.  Setelah melewati Baturaden dan sampai di pertigaan Pabuaran, ambil belokan ke kanan ke arah sumbang.  Selanjutnya  belok ke kiri ke arah Limpakuwus. Kondisi jalan ke curug ini sudah beraspal dan lumayan bagus.
Dan jika masuk dari Purbalingga bisa lewat Padamara hingga sampai di Sumbang, selanjutnya tinggal lurus ke utara.
Bagi yang menggunakan kendaran umum dapat naik angkutan pedesaan dari Sumbang dengan rute ke Limpakuwus.
Sebelum masuk curug, ada pintu gerbang dengan gapura besar bertuliskan Curug Ceheng berdiri di kiri jalan dari arah Purwokerto.  Di pintu masuk ini akan dijumpai pos tempat penjualan tiket masuk dan informasi mengenai curug.
Selanjutnya dari gerbang obyek wisata ini, masih harus menempuh lagi jarak sekitar 400 meter untuk mencapai lokasi.  Perjalanan menuju curug ini dengan menuruni tebing yang cukup terjal sekitar 70 m.  Untuk menuruni tebing ini, sudah tersedia anak tangga yang berkelak kelok untuk memudahkan pengunjung berjalan.  Kehati-hatian sangat diperlukan sewaktu turun karena sebagian masih berupa tanah dan belum disemen, pagar untuk pegangan juga tidak tersedia di seluruh bagian.

Tiket dan Parkir
Tiket masuk adalah Rp 1500 per orang (termasuk asuransi kecelakaan Rp 100).  Biaya parkir kendaraan roda dua Rp 1000 dan kendaraan roda empat Rp 2000.

Fasilitas dan Akomodasi
Fasiltitas yang tersedia antara lain area parkir yang cukup luas, area bumi perkemahan, loket tiket dan WC.  Sayangnya fasilitas yang ada terutama area parkir dan WC kurang terurus sehingga kotor dan berbau.

Lokasi

Aksesibilitas

Fasilitas

Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Air Terjun Ceheng - Banyumas, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.