Air Terjun Halimun, Lebak - Banten

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai Air Terjun Halimun, Lebak - Banten. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan air terjun indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Taman Nasional Gunung Halimun merupakan perwakilan tipe ekosistem hutan hujan dataran rendah, hutan sub-montana dan hutan montana di Jawa. Hampir seluruh hutan di taman nasional ini berada di dataran pegunungan dengan beberapa sungai dan air terjun, yang merupakan perlindungan fungsi hidrologis di Kabupaten Bogor, Lebak, dan Sukabumi.

Dengan iklim yang basah, taman nasional ini merupakan sumber mata air dari beberapa sungai yang alirannya tidak pernah kering sepanjang tahun, dan delapan buah air terjun yang indah serta potensial untuk kegiatan pariwisata alam/rekreasi.


Lokasi

Gunung Halimun terletak di Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, (Provinsi Jawa Barat) dan Kabupaten Lebak (Provinsi Banten). Disini terdapat beberapa air terjun yaitu: Curug Cimantaja, Curug Piit, Curug Cipamulaan, Curug Cihanyawar, Curug Citangkolo, dan Curug Halimun yang terletak di Desa Cipanas Kec. Cipanas.


Aksesibilitas

Bogor/Sukabumi-Parungkuda-Kabandungan, 50 km (± 1,5 jam), Bogor-Cisangku, 50 km (± 2,5 jam), Rangkasbitung-Bayah-Ciparay, 186 km (± 6 jam).


Fasilitas

Keindahan alam dengan kehidupan liar, gemuruh air terjun dan gemericik aliran sungai kecil yang jernih; kesemuanya merupakan peristiwa alam yang dapat memberi pengalaman yang mungkin tidak akan terlupakan terutama bagi wisatawan dari kota-kota besar.


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Unknown

Sekian artikel dari Air Terjun Inside mengenai Air Terjun Halimun, Lebak - Banten, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Air Terjun Di Lebak, Banten
Daftar Tempat Wisata Di Lebak, Banten
0 comments "Air Terjun Halimun, Lebak - Banten", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment