Air Terjun Santi - Pati

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai lokasi, aksesibilitas, fasilitas, tiket Air Terjun Santi - Pati. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan air terjun indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Lokasi
Terletak di Desa Gunungsari Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati, Propinsi Jawa Tengah.
Peta dan Koordinat GPS: 6° 37' 45.98" S  110° 56' 43.41" E

Air Terjun Santi - Pati
Air Terjun Santi terdiri dari atas dua air terjun yang terpisah.  Yang pertama terdapat di bagian bawah, tepat di sisi sebuah sungai kecil dengan aliran sungai yang dipenuhi batu-batu beraneka ukuran dengan kedalaman air yang tidak terlalu dalam.. Air terjun ini oleh masyarakat disebut sebagai “Tretes”. Di sini setiap hari Minggu atau hari libur tempat ini akan selalu penuh oleh muda-mudi yang menghabiskan waktu di sekitar air terjun.
Sedangkan yang kedua oleh masyarakat sekitar di sebut dengan “Jenar”. Air terjun Jenar ini justru lebih besar dan tinggi ketimbang Air Terjun Tretes. Letak air terjun ini berada sekitar 500 m di atas Air Terjun Tretes.
Kedua air terjun ini berada di tebing sungai di lereng Gunung Muria bagian timur, dan tersembunyi di rimbunnya perkebunan pohon kopi milik warga.

Aksesbilitas
Akses kesana biasanya lewat Dukuh Santi Desa Gunungsari atau bisa juga melalui jalur selatan yaitu lewat Dukuh Jentir Desa Tajungsari.  Dari kota Pati arahkan kendaraan ke arah utara ke kota Tayu.  Sesampai di daerah kecamatan Trangklil tepatnya di depan Puskesmas Trangkli akan dijumpai jalan masuk menuju Desa Gunungsari,  Masuk dan ikuti ke jalan tersebut hingga tiba di desa. Jalan raya menuju ke lokasi ini hanya sampai ke batas desa, sehingga bagi yang membawa kendaraan harus menitipkan kendaraannya di desa tersebut. Selanjutnya untuk menuju ke kompleks Air Terjun Santi hanya dicapai dengan berjalan kaki melalui jalan setapak sejauh lebih dari 500 meter.

Fasilitas dan Akomodasi
Kedua air terjun yang terdapat dalam kompleks air terjun Santi ini memang belum mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah Kabupaten Pati maupun pihak lainnya.  Namun justru karena itu, air terjun ini tetap mempesona dalam keperawanannya.  Ketimbang obyek-obyek lainnya (yang lebih indah) yang terdapat di wilayah Kabupaten Pati yang kemudian surut pesonanya akibat salah pengelolaan.


Lokasi


Air Terjun, Curug, Santi Pati , Wisata, Pesona, Foto, Pemandangan

Aksesibilitas


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Air Terjun Santi - Pati, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Air Terjun Di Indonesia
0 comments "Air Terjun Santi - Pati", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment