Air Terjun Gonoharjo - Kendal

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai lokasi, aksesibilitas, fasilitas, tiket Air Terjun Gonoharjo - Kendal. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan air terjun indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Lokasi
Terletak di Dusun Boja, Desa Gonoharjo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Propinsi Jawa Tengah.
Peta dan Koordinat GPS: 7° 8' 59.01" S  110° 19' 52.95" E

Air Terjun Gonoharjo - Kendal
Curug Gonoharjo berada di kaki Gunung Ungaran sebelah barat-selatan.  Air terjun ini memiliki 2 tingkatan dan berada di ketinggian anatar 700 - 1000 m dpl.
KEMBALI ke alam. Barangkali itulah yang harus dikampanyekan oleh pemerintah untuk mempromosikan objek pariwisata di daerah-daerah. Kabupaten Kendal misalnya, ternyata juga menyimpan potensi pariwisata yang tak kalah dengan daerah lain. Bila sekali waktu berkunjung ke Gonoharjo, Kecamatan Boja, kesan eksotisme air terjun Benowo barangkali menjadi penawar keminiman objek wisata di Jateng.
Air terjun itu berada sekitar 40 km ke arah barat pusat Kota Semarang, atau dengan perjalanan darat sekitar satu jam. Penginapan, taman bermain, bumi perkemahan, dan kolam renang sebagai sarana penunjang mudah ditemukan di sekitar lokasi wana wisata Gonoharjo.
Anda cukup merogoh kocek Rp 2.500, lalu nikmatilah suasana alam nan asri, pepohonan yang rindang, dan kicauan burung. Sebelum sampai pada tujuan akhir yaitu curug (air terjun) Benowo, air terjun mini setinggi 5 meter sudah mengundang Anda untuk mandi di bawahnya.
Air terjun tersebut diakui warga memiliki sejumlah khasiat. Jika Anda menderita penyakit gatal-gatal atau penyakit kulit lainnya, cobalah mandi di Kawah Margotopo. Air panasnya yang mengandung belerang niscaya akan menyegarkan badan dan menyembuhkan penyakit kulit.
Curug kedua yaitu Argo Sumo dengan ketinggian 10 meter yang terletak 200 meter dari kawah, sungguh memukau. Indahnya hutan bisa dinikmati sambil mandi di air yang dingin dan jernih. Kebanyakan para pengunjung betah berlama-lama bersantai di sana.
Biasanya para pengunjung melanjutkan perjalanan ke air terjun terakhir yaitu Benowo. Namun dalam perjalanan, Anda akan menyaksikan tumpukan batu berlumut sisa peninggalan candi Hindu, Argo Sumo.
Untuk sampai ke Benowo, tampaknya Anda harus berhati-hati. Sebab selain jalan sangat licin, tanah longsor akibat hujan lebat pun akan mempersulit perjalanan.
Jika musim penghujan datang, pengunjung tidak diperbolehkan mendekati air terjun setinggi 25 meter itu karena rawan longsor.
Namun, pemandangan dari kejauhan pun tidak mengurangi kekaguman Anda pada alam objek wisata itu.
Bagi para petualang, wana wisata seluas 10 ha sayang kalau dilewatkan. Yang tak suka berpetualang juga tidak rugi berkunjung ke tempat ini. Pemandangan alam yang menakjubkan akan mengurangi kepenatan Anda yang sehari-hari tinggal di perkotaan dan disibukkan pekerjaan.
Memang, perjalanan menuju lokasi ini memang membutuhkan stamina prima. Sebab pengunjung harus menyeberangi sungai, melewati jalan curam, menanjak, dan licin.

Aksesbilitas
Berjarak sekitar 25 km dari kota Semarang dengan waktu tempuh 1,5 jam dari Semarang.  Dari pintu gerbang sekitar 3-4 km.

Fasilitas dan Akomodasi
Tersedia fasilitas anatara lain musholla dan gardu pandang, arena bermain, camping ground, cafetaria, kolam renang dan lain-lain.

Wisata Lain
Air Panas Nglimut terletak di daerah perbukitan sebelah timur Desa Gonoharjo, Kecamatan Limbangan, kurang lebih 40 km dari kota Kendal lewat Kecamatan Kaliwungu


Lokasi


Air Terjun, Curug, Gonoharjo Kendal, Wisata, Foto, Pemandangan

Aksesibilitas


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Air Terjun Gonoharjo - Kendal, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Air Terjun Di Indonesia
0 comments "Air Terjun Gonoharjo - Kendal", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment