Air Terjun Muncar - Pekalongan

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai lokasi, aksesibilitas, fasilitas, tiket Air Terjun Muncar - Pekalongan. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan air terjun indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Lokasi
Terletak di Desa Curugmuncar, Kecamatan Petungkriono, Kabupaten Pekalongan, Propinsi Jawa Tengah.
Peta dan Koordinat GPS:

Air Terjun Muncar - Pekalongan
Curug Muncar berada di lereng Gunung Ragajambangan di ketinggian 1249 m diatas permukaan laut (dpl).  Ada beberapa air terjun di kawasan ini, tetapi salah satu yang besar dan banyak dikunjungi adalah Curug Muncar.
Air terjun Curug Muncar terletak di Desa Curugmuncar, Kecamatan Petungkriono, Kabupaten Pekalongan, Untuk mencapai air terjun ini dapat ditempuh dari Kota pekalongan sekitar 2 s.d. 2.5 jam perjalanan. Kondisi jalan menuju kesana tidak mudah karena harus melewati jalanan mendaki, bertebing dan berkelok-kelok. Jalan beraspal hanya sampai di jalan utama kecamatan, sehingga untuk sampai di lokasi harus berjalan kaki mendaki perbukitan. Selain itu belum ada akses angkutan umum ke desa Curug Muncar, begitupun dengan ojeg.
Curug Muncar adalah suatu tempat wisata alam air terjun yang terletak disebuah desa Curug Muncar, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan. Ditempat ini pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam berupa air terjun yang memiliki keindahan alam yang tak kalah dengan air terjun dibelahan bumi lainya, dengan jarak tempuh sekitar 30 km ke- arah selatan dari alun – alun kajen kabupaten pekalongan dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Selain itu, dalam perjalanan menuju lokasi wisata tersebut, pengunjung akan di manjakan dengan udara yang sejuk serta pemandangan yang masih asri dengan sajian pemandangan barisan pepohonan di areal hutan lindung ini. Selain dengan air terjun yang begitu mempesona, keberadaan Curug yang terletak di ketinggian 1250 m diatas permukaan laut ini di lengkapi camping ground yang dilengkapi dengan MCK, Pendopo, Pos Jaga dan tempat bermain. Dengan sumber air yang bernama sumber air rogo jembarang, memiliki 3 tingkatan yakni telogo lumbu, kalibanteng dan telogo lawe dengan ketinggian air terjun 100m.

Aksesbilitas
Berjarak sekitar 30 km dari Kajen atau 70 km dari ibu kota kabupaten Pekalongan.  Untuk mencapai air terjun ini dapat ditempuh dari Kota pekalongan sekitar 2 s.d. 2,5 jam perjalanan menggunakan sepeda motor.  Kondisi jalan menuju kesana tidak mudah karena harus melewati jalanan mendaki, bertebing dan berkelok-kelok. Jalan beraspal hanya sampai di jalan utama kecamatan, sehingga untuk sampai di lokasi harus berjalan kaki mendaki perbukitan.  Selain itu belum ada akses angkutan umum ke desa Curug Muncar, begitupun dengan ojeg.

Fasilitas dan Akomodasi
Tersedia camping ground yang dilengkapi dengan MCK, Pendopo, Pos Jaga dan tempat bermain.


Lokasi


Air Terjun (Curug) Muncar - Pekalongan

Aksesibilitas


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Air Terjun Muncar - Pekalongan, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Air Terjun Di Indonesia

4 comments:

  1. bsa bantu beri arah2 kalo mau k curug muncardari kajen....

    ReplyDelete
    Replies
    1. .
      Pake google maps atau gps aja bro..
      .

      Delete
    2. Dari Kajen ke Doro lalu arah selatan jurusan Petungkriyono,setelah sampai di Kecamatan bisa tanya,dan melihat penunjuk arah ke Desa Curugmuncar gan,....trima kasih.

      Delete
    3. .
      Thanks udah nglengkapin bro.. :)
      .

      Delete