Air Terjun Songgolangit - Jepara

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai lokasi, aksesibilitas, fasilitas, tiket Air Terjun Songgolangit - Jepara. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan air terjun indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Lokasi
Terletak di Dusun Dukuh Ngelencer, Desa Bucu, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Propinsi Jawa Tengah.
Peta dan Koordinat GPS

Air Terjun Songgolangit - Jepara
Air terjun ini mempunyai ketinggian 80 meter dan lebar 2 meter. Di bawahnya terdapat kolam penampungan air yang mencapai kedalaman 3 meter yang dapat digunakan untuk mandi atau berenang.  Konon menurut cerita bahwa tempat ini akan menjadikan awet muda bagi para pengunjung yang melakukan cuci muka ataupun mandi.
Songgolangit berarti menyangga langit atau dalam bahasa Jawa disebut nyonggo langit. Dinamai demikian karena jika dilihat dari bawah, air terjun itu seperti menyangga langit.

Aksesbilitas
Berjarak 35 km dari pusat Kota Jepara ke arah utara.  Untuk mencapai Air Terjun Songgolangit dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4 dengan kondisi jalan
beraspal.
Jika dari pusat kota Jepara, ambil jalan ke arah utara yang menuju jalur arah Kabupaten Pati dengan melewati Kecamatan Mlonggo, Kecamatan Bangsri dan Kecamatan Kembang.  Jarak Jepara ke Kecamatan Kembang kurang lebih 20 km.  Selanjutnya dari Kecamatan Kembang perjalanan diteruskan ke Desa Cepogo melewati hutan jati milik Perhutani dengan jarak kurang lebih 2 km hingga sampai pertigaan jalan di desa tersebut.  Di pertigaan ini akan ditemui papan petunjuk ke lokasi Air Terjun Songgolangit.  Papan petunjuk ini ada di tepi jalan dan mudah terlihat.  Dalam papan petunjuk ini lokasi air terjun masih berjarak 11 km lagi dengan mengambil arah ke kanan atau timur dari pertigaan tersebut.
Dari Desa Cepogo ini perjalanan selanjutnya akan melewati Desa Semanding hingga tiba di Desa Bucu, dimana air terjun tersebut berada.
Bagi yang menggunakan kendaraan umum dari Terminal Jepara naik bis jurusan Pati atau Bangsri.  Turun di pertigaan ke arah Desa Cepoga.  Jarak dari pertigaan ini ke Terminal Bangsri kurang lebih 4 km.  Setelah turun perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan ojek (banyak tersedia di pertigaan tersebut) menuju lokasi Air Terjun Songgolangit.  Ongkos naik ojek ini lumayan sekitar Rp 20000 sekali antar atau pergi.

Fasilitas dan Akomodasi
Tersedia parkir yang luas, toilet dan beberapa warung penjual makanan.

Tiket dan Parkir
Tiket masuk adalah Rp 2000 untuk dewasa dan Rp 1000 untuk anak-anak.  Sedangkan biaya parkir adalah Rp 2500 untuk kendaraan roda empat, Rp 1000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5000 untuk kendaraan bis.

Wisata Lain
Air terjun Jurang Nganten di desa Tanjung, Cagar alam di Desa Clering, Kecamatan Keling, serta sentra industri kerajinan kayu dan tenun ikat troso.

Lokasi

Air Terjun, Curug, Songgolangit Jepara, Wisata, Pesona, Foto, Pemandangan

Aksesibilitas

Fasilitas

Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Air Terjun Songgolangit - Jepara, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.