Air Terjun Guci - Tegal

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai lokasi, aksesibilitas, fasilitas, tiket Air Terjun Guci - Tegal. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan air terjun indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Lokasi
Terletak dalam kawasan wisata Air Panas Guci, tepatnya di Desa Guci, Kecamatan Bumi Jawa, Kabupaten Tegal, Propinsi Jawa Tengah.
Peta dan Koordinat GPS: 7° 11' 58.28" S  109° 9' 52.51" E

Aksesbilitas
Berjarak  ± 30 km dari kota Slawi atau sekitar 40 km dari kota Tegal ke arah selatan dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam berkendara.  Untuk menuju kesana dapat menggunakan kendaraan pribadi atau umum.  Jika dari kota Tegal ambil jurusan ke selatan menuju Purwokerto, setelah melewati kota Slawi akan tiba di daerah Kecamatan Lebaksiu.  Di kecamatan ini akan ditemui pertigaan (terdapat penunjuk jalan ke arah Guci) bernama Yomani (Yamansari-Lebaksiu).  Ambil belokan ke kiri ke arah Guci.  Dan akhirnya setelah kurang lebih 25 km dari pertigaan tersebut, terlebih dahulu melewati kecamatan Bumi Jawa dan Desa Tuwel, akan tiba di Guci.  Umumnya kondisi jalan menuju ke sana sudah beraspal baik dengan kontur jalan naik turun dan berbelok-belok.
Dapat juga ditempuh dari kota Pemalang dengan mengambil rutel ke arah jurusan ke arah Purbalingga. Setelah sampai di pertigaan Moga, ambil belokan ke kanan ke arah Guci.  Sayangnya dari kota ini tidak terdapat angkutan umum menuju kesana.
Bagi yang menggunakan kendaraan umum dari Slawi naik mini bus jurusan Bumi Jawa dengan ongkos Rp 5000.  Setelah sekitar 30 menit perjalanan turun di Desa Tuwel.  Dari desa tersebut dilanjutkan dengan naik kendaraan bak terbuka menuju Guci. Waktu yang dibutuhkan sekitar 30 menit dengan ongkos Rp 5000.

Tiket dan Parkir
Harga tiket masuk adalah Rp 3100 per orang untuk dewasa, sedangkan anak anak Rp 2250.

Fasilitas dan Akomodasi
Fasilitas yang tersedia antara lain penginapan (kelas Melati sampai berbintang), wisata hutan (wana wisata), kolam renang air panas, lapangan tennis, lapangan sepak bola, dan bumi perkemahan.  Selain itu juga tersedia penyewaan kuda untuk berkeliling.

Wisata Lain
Pancuran 13 adalah objek wisata berupa pemandian air panas, dimana sumber air panasnya keluar langsung dari pancuran sebanyak 13, yang diyakini memberi tuah dan kesehatan bagi yang mandi dibawahnya.


Lokasi


Air Terjun, Curug, Gucu, Tegal, Jawa Tengah, Wisata, Pesona, Foto, Pemandangan, Gambar

Aksesibilitas


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Air Terjun Guci - Tegal, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Air Terjun Di Indonesia
0 comments "Air Terjun Guci - Tegal", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment