Air Terjun Genting - Banjarnegara

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai lokasi, aksesibilitas, fasilitas, tiket Air Terjun Genting - Banjarnegara. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan air terjun indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Lokasi
Terletak di Dusun Mliken, Desa Giritirta, Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara, Propinsi Jawa Tengah.
Peta dan Koordinat GPS: 7°14'45"S   109°47'47"E

Air Terjun Genting - Banjarnegara
Curug Genting memiliki ketinggian kurang lebih 70 m dengan debit terjunan air yang cukup besar.
Di dekat lokasi Curug Genting juga terdapat Curug Mrawu yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter.  Curug ini nantinya aliran airnya akan menyatu dan menjadi sumber utama sungai Mrawu salah satu anak Sungai Serayu.
Padahal masih ada objek wisata alam yang sangat indah dan menjanjikan petualangan dan pengalaman yang mengasyikkan. Wisata ini terletak di sebelah selatan desa Batur. Tepatnya di dusun Tiyeng Desa Batur Kecamatan Batur atau sekitar enam kilo meter dari balai desa Batur. Objek wisata ini berupa dua buah air terjun yang elok dan pemandian air panas. Lokasi ini bisa dijangkau dengan mobil atau sepeda motor. Untuk sampai ke dusun Tiyeng anda dapat melalui desa Penusupan masuk melalui dusun Gemblep atau melalui Batur. Dari balai desa anda dapat mencapai lokasi ini dengan melewati dusun Bakalan dan Jelgong. Dari Batur hingga Jelgong jalan sudah diaspal halus. Dari Jelgong ke Tiyeng juga sudang diaspal namun sudah rusak. Adapun dari Penusupan jalannya masih berbatu.
Dari dusun Tiyeng anda harus berjalan kaki untuk sampai ke air terjun Mrawu. Anda akan melewati kebun wortel dan jagung miliki warga. berjalan menyusuri saluran irigasi yang berasal dari atas air terjun hingga setelah anda berjalan sekitar 300 meter anda sudah dapat meihat air terjun Sigenting. Sedangkan air terjun Mrawu masih tersembunyi di sebuah bukit.

Aksesbilitas
Berjarak sekitar 3 kilometer dari pusat kota Kecamatan Pejawaran atau kurang lebih 33 km ke utara dari kota Banjarnegara. Untuk menuju kesana dapat melewati dua jalur. Dari kota Banjarnegara, menuju kecamatan Madukara, Karangkobar dan Pejawaran. Atau dari kota Banjarnegara lewat Singamerta Kecamatan Sigaluh, Madukara, Pagetan dan Pejawaran. Perjalanan dengan kecepatan 60 kilometer perjam memakan waktu sekitar 1,5 jam.
Untuk menuju lokasi curug ini harus jalan kaki melewati jalan setapak dan tanggul irigasi.dari dusun terdekat, yaitu Mliken.  Perjalanan menuju Curug Sigenting memakan waktu sekitar 15 menit.

Wisata Lain
Sumber Air Panas Giritirta, letaknya berada diantara dua curug tersebut, sektar 1 km dari Curug Genting dan 100 m dari Curug Mrawu  Sumber air panas ini bersuhu sekitar 60 derajat Celcius dengan airnya berwarna kuning kecoklatan yang banyak mengandung belerang. Warga setempat mempercayai sumber air ini mampu mengobati sakit kulit dan rematik.
Untuk menuju air terjun kedua yaitu Sigenting anda harus berputar ke arah belokan terakhir saat anda melihat air terjun mrawu pertama kali kemudian berjalan menuju jembatan bambu dan terus menyusuri jalan setapak melewati kebun wortel dan cabai. terus ke arah barat daya sejauh setengah kilo meter. Hati-hati karena jalan berbatu. Setelah itu anda aan melihat pemandangan yang menakjubkan.


Lokasi


Air Terjun, Curug, Genting Banjarnegara, Wisata, Foto, Pemandangan

Aksesibilitas


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Air Terjun Genting - Banjarnegara, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Air Terjun Di Indonesia
0 comments "Air Terjun Genting - Banjarnegara", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment