Air Terjun Putri - Brebes

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai lokasi, aksesibilitas, fasilitas, tiket Air Terjun Putri - Brebes. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan air terjun indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Lokasi
Terletak di Dukuh Padanama, Desa Mendala, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Propinsi Jawa Tengah.
Peta dan Koordinat GPS:

Air Terjun Putri - Brebes
Sebelumnya Curug Putri memiliki dua pancuran air yang juga sering disebut curug kembar. Namun seiring perjalanannya, debit air semakin mengecil sehingga hanya menyisakan satu air terjun.
Curug Putri memiliki ketinggian lebih kurang 35 meter dan dihiasi dengan tebing batu yang sisi-sisinya membentuk ukiran alami.
Jika anda tertarik dengan Curug Putri dan berniat mengunjunginya, jalur ke curug putri, jika di tempuh dari Jalur Purwokerto Tegal, maka anda harus berhenti (jika menggunakan kendaraan umum), di pertigaan Kaligadung atau dari POM Bensin SAKALIBEL. Anda bisa menanyakan pada tukang ojek atau petugas POM, arah menuju Curug Putri(Sirampog). Setelah sekitar setengah jam perjalanan, anda akan sampai di Prapatan Sirampog, dan melangkahlah anda menuju arah utara, menuju dukuh Padanama. Disitu, warga sekitar akan dengan senang hati memberi petunjuk kepada anda lokasi Curug Putri. Dan jika sudah sampai, anda akan disambut dengan buih buih air, yang beterbangan menyapu wajah.
Curug Putri adalah pesona alam yang terdapat di dukuh Padanama, Desa Mendala, Kecamatan Sirampog. Aku sendiri ga tau persis kenapa dinamakan Curug Putri. Tapi berdasarkan cerita2 nenek moyang dan dari berbagai sumber yang aku baca, Curug berarti air terjun. Dan putri yang dimaksud disini bukanlah putri raja, tetapi Bidadari dari kayangan. Kok bisa ? Menurut cerita orang – orang tua, curug putri adalah tempat mandinya para bidadari dari kayangan. Turunnya bidadari ditandai dengan adanya Kuwung (pelangi) yang berwarna warni. Konon kuwung adalah tangga yang berasal dari kayangan. Pesona alam yang ada di curug putri sungguhlah sangat indah dan natural sekali. Tempat yang cocok untuk melepas kepenatan setelah sibuk dengan urusan sehari hari. Apalagi bagi para remaja2 yang beranjak dewasa. Hm….. harus hati2 kalo pada main ke curug. Bener2 bisa kemasukan setan…:D

Aksesbilitas
Dapat ditempuh selama 30 menit perjalanan dengan kendaraan dari pertigaan Kalisalak Desa Benda ruas jalan utama Tegal-Purwokerto. Sesampainya di Desa Mendala, perjalanan dilanjutkan menuju Dukuh Padanama. Akses jalan menuju lokasi Curug Putri memang cukup sulit. Selain belum diaspal, kendaraan yang dibawa hanya dapat sampai di pertengahan Dukuh Padanama. Sisanya kita harus menempuhnya dengan berjalan kaki menyusuri pematang sawah dan jalan setapak sejauh 500 meter. Medan perjalanan juga cukup berat, karena harus melalui tebing cukup terjal. Bagi yang menggunakan kendaraan umum, jika dari arah Purwokerto ke Tegal turun di pertigaan Kaligadung atau di POM Bensin Sakalibel. Sebaiknya bertanya kepada tukang ojek atau petugas POM, arah menuju Curug Putri (Sirampog). Setelah sekitar setengah jam perjalanan, akan sampai di Prapatan Sirampog. Selanjutnya di prapatan ini ambil arah ke utara ke Dukuh Padanama. Disitu, warga sekitar akan dengan senang hati memberi petunjuk kepada anda lokasi Curug Putri.

Wisata Lain
Sumur Pengantin di Desa Dawuhan, Air Panas di Desa Kaligiri, dan Curug Awu di Desa Wanareja.


Lokasi


Air Terjun (Curug) Putri - Brebes, Wisata, Foto, Pemandangan

Aksesibilitas


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Air Terjun Putri - Brebes, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Air Terjun Di Indonesia
0 comments "Air Terjun Putri - Brebes", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment