Air Terjun Nini - Purbalingga

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai lokasi, aksesibilitas, fasilitas, tiket Air Terjun Nini - Purbalingga. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan air terjun indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Lokasi
Terletak di Desa Cipaku, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Propinsi Jawa Tengah.
Peta dan Koordinat GPS:

Air Terjun Nini - Purbalingga
Curug nini merupakan air terjun pada sebuah kolam yang cukup luas, ada mata air besar di dasar tebing, sehingga kolam ini belum pernah kering. Tinggi air terjun hanya sekitar 10 meter, bagian dari hulu sungai pingen. Kolam curug nini di kelilingi banyak pohon pandan, dan di apit oleh bukit-bukit yang berpohon rindang. Tiap bukit terdapat jalan setapak yang berliku-liku. Pengunjung dapat bercengkerama di tengah dan di tepian sungai yang permukaannya kering. Bagi anak-anak bisa bermain air yang sejuk dan bening.

Aksesbilitas
Berjarak kurang lebih 10 km dari Kota Purbalingga.  Untuk menuju Curug Nini dapat ditempuh lewat Pasar Karangnangka ke arah barat, sekitar empat kilometer jauhnya dari jalan raya Bobotsari-Purbalingga.  Jika telah sampai di Balai Desa Cipaku ambil jalan ke kanan melewati jalan tanah sekitar 200 meter hingga ke lokasi Curug Nini.
Curug Nini, Bataputih, Telaga Bolangirit, Curug Singongah, dan Watutulis. Tiga tempat wisata air dan dua tempat wisata sejarah.

Wisata Lain
Situs Batu Lingga dan Yoni.  Dua buah batu yang berbentuk bulat lonjong bagai telur.  Situs ini berada di atas sebuah kolam penampungan air, masyarakat setempat menyebutnya Telaga Bataputih. Mata-airnya cukup besar. Jernih dan sejuk. Di samping situs ada dua buah pohon besar. Pohon yang satu karena usianya sampai berlubang, mirip pintu, dan dapat dimasuki orang dewasa.  Terletak di sekitar Balai Desa Cipaku di Dukuh Bataputih.
Telaga Bolangirit. Sebuah telaga di jaman dulu sering digunakan untuk tempat mandi para putri kerajaan.  Airnya bening dan melimpah dengan di sebelah utara dihiasi dengan beberapa pohan beringin yang besar-besar.  Telaga ini terletak di Dusun Pengebonan hanya sekitar satu kilometer dari situs Batu Lingga dan Yoni.
Hanya dua ratus meter dari Telaga Bolangirit, terdapat sebuah air terjun yang cukuptinggi, bagian dari Sungai Lembarang. Masyarakat setempat menyebutnya Curug Singongah. Curug ini dikelilingi tebing dengan tanaman liar yang seperti ditata rapi. Ada tiga air terjun, di tengah sungai, kiri, dan kanan. Anak desa cenderung bermain dari tebing sebelah kiri terjun ke kolam yang luas. Untuk menuju ke pusat curug pengunjung harus melalui jalan setapak di tebing sungai. Curug Singongah dapat ditempuh dari dua arah.


Lokasi


Air Terjun (Curug) Nini - Purbalingga, Wisata, Foto, Pemandangan

Aksesibilitas


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Air Terjun Nini - Purbalingga, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Air Terjun Di Indonesia
0 comments "Air Terjun Nini - Purbalingga", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment