Air Terjun Lawe - Temanggung

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai lokasi, aksesibilitas, fasilitas, tiket Air Terjun Lawe - Temanggung. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan air terjun indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Lokasi
Terletak di Dusun Muncar Lor, Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, Propinsi Jawa Tengah.
Peta dan Koordinat GPS:  7°9'22"S   110°9'25"E  7° 9' 15.61" S  110° 9' 25.10" E

Air Terjun Lawe - Temanggung
Disebut dengan Curug Lawe karena jatuhnya air terjun ini mengesankan untaian benang “lawe” yang sangat halus dan berwarna putih. Kata Lawe itu sendiri dalam bahasa Jawa berarti benang-benang halus.
Curug Lawe Panorama alam sekitar Curug Lawe di Desa Muncar Kecamatan Gemawang Kabupaten Temanggung cukup memikat. Perjalanan menuju lokasi cukup lancar dengan jarak tempuh sekitar 26 km dari kota Temanggung,Jawa Tengah ke arah Utara.
Jatuhnya air dari tebing curam itu bagaikan benang-benang putih yang dalam bahasa jawa disebut 'Lawe'. Jika lagi musimnya, disekitar obyek juga ada tanaman buah alam yang dikenal dengan nama buah 'Cendul' bisa dipetik secara gratis sebagai pelepas dahaga.
Kenda raan bisa diparkir dititipkan di halaman rumah penduduk, kemu dian berjalan menyu suri jalan setapak menuju lokasi. Bagi yang suka petualangan maka obyek wisata ini cocok. Didekat grojogan CURUG LAWE juga ada mata air panas yang bisa dimanfaatkan untuk obat sakit kulit.
Curug Lawe terletak di Desa Muncar,utara kota Temanggung,Jawa Tengah. Warga Desa Muncar sebagian besar berprofesi sebagai petani yang tiap hari berladang menembus bukit di Curug Lawe.Para petani menanam pisang dan juga kopi,adapula beberapa peternak yang setiap hari melintasi bukit terjal dengan jalan setapak untuk mencari rumput sebagai makanan kambing peliharaan
Tidak jauh dari lokasi curug juga terdapat obyek lain yaitu mata air panas yang dapat untuk penyembuhan penyakit kulit, atau untuk berendam menghilangkan rasa lelah.                                                                                          
Selesai refreshing di areal Curug Lawe baiknya anda mampir ke Pasar Desa Gemawang, sekedar membeli oleh-oleh berupa aneka sayuran segar dan buah pisang yang beraneka ragam jenisnya, atau jajanan khas desa Gemawang seperti Cethil, Gathot, Tiwul dan sebagainya.                                                                                        
Potensi yang bisa di kembangkan di Curug Lawe selain panorama air terjun adalah pemandian air panas, wisata air seperti kolam renang dengan berbagai fasilitasnya, atau wisata alternatif seperti out bound, adveturezone, woodball, arena motorcross dan jalur offroad sangat memungkinkan untuk dibangun disana. Pokoknya Curug Lawe sangat cocok untuk wisatawan yang gandrung dengan petualangan alam liar, ayo siapa berminat, datang saja ke Temanggung

Aksesbilitas
Barjarak 26 kilo arah utara Kota Temanggung atau 1 jam perjalanan lewat jalur Parakan-Ngadorejo. Kondisi jalan menuju kesana sudah beraspal hingga desa.  Untuk menuju curug ini, kendaraan harus diparkir dan dititipkan di halaman rumah penduduk karena belum ada tempat parkir, selanjutnya berjalan menyusuri jalan setapak menuju lokasi.

Wisata Lain
Didekat Curug Lawe juga ada mata air panas yang bisa dimanfaatkan untuk obat sakit kulit. Obyek ini merupakan obyek wisata alam karena memiliki panorama alam yang memikat.
Pada musim tertentu disekitar obyek air terjun ini juga ada tanaman buah alam (lokal) yang dikenal dengan nama buah 'Cendul'  bisa dipetik secara gratis sebagai pelepas dahaga.


Lokasi


Air Terjun, Curug, Lawe Temanggung, Wisata, Foto, Pemandangan

Aksesibilitas


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Air Terjun Lawe - Temanggung, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Air Terjun Di Indonesia
0 comments "Air Terjun Lawe - Temanggung", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment