Air Terjun Pitu (Kemiri) - Banjarnegara

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai lokasi, aksesibilitas, fasilitas, tiket Air Terjun Pitu (Kemiri) - Banjarnegara. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan air terjun indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Lokasi
Terletak di Desa Sigaluh, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Propinsi Jawa Tengah.
Peta dan Koordinat GPS: -7° 24' 59.00", +109° 45' 27.00"

Air Terjun (Curug) Pitu - Banjarnegara
Curug Pitu merupakan obyek wisata alam dengan daya tarik utama berupa air terjun yang berjumlah tujuh buah curug secara bertingkat dari atas ke bawah. Maka itulah, air terjun ini diberi nama “Curug Pitu”. Terletak di Desa Kemiri Kecamatan Sigaluh Banjarnegara. Kurang lebih setengah jam perjalanan dari Kota Banjarnegara ke arah timur (Wonosobo).
Curug ini sangat indah. Selain bagus untuk rekreasi seluruh keluarga, juga cocok sebagai arena camping. Di dekat curug Pitu juga ada curug lain yang bernama Curug Kemiri. Gugusan tujuh tingkat air terjun dari atas ke bawah ini sangat indah. Dari curug pertama (tingkat I), kita bisa menyaksikan air terjun dengan debit air yang cukup besar. Di kanan kiri adalah hutan yang masih asri yang didominasi tanaman keras. Banyak juga pohon durian.
Orang Banjarnegara asli lebih mengenalnya dengan sebutan Curug Kemiri, karena letaknya berada di sebuah desa bernama Kemiri, kecamatan Sigaluh, persis sebelah timur Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara. Pemda Banjarnegara sendiri lebih mengenalkan curug Kemiri sebagai Curug Pitu karena  air terjun tersebut memiliki 7 tingkat air terjun yang masing-masing tingkat berjarak tidak terlalu jauh dari tingkatan di bawahnya.
Akses ke Curug Pitu sangat mudah, dari jalan propinsi  Banjarnegara - Wonosobo, masuk ke pertigaan Tekidadi hingga ke lokasi Curug Pitu sudah beraspal mulus. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi dari arah barat (Purbalingga, Banyumas, Purwokerto, Cilacap) cukup ditempuh dengan waktu sekitar 20 menit dari pusat kota Banjarnegara. Sementara dari arah timur (Wonosobo) kurang lebih memakan waktu 40 menit dari pusat kota Wonosobo hingga sampai di Curug Pitu. Sementara bagi yang memanfaatkan kendaraan umum, cukup turun di pertigaan Tekidadi, untuk selanjutnya dapat memanfatkan jasa ojek hingga sampai ke tempat tujuan.
Curug Pitu merupakan kekayaan alam Banjarnegara yang sangat potensial apabila dikembangkan dengan serius oleh pihak berwenang.. Selain akses yang mudah dari pusat kota, keindahan Curug Pitu juga merupakan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Akses pendakian untuk melihat 7 tingkatan air terjun adalah tantangan tersendiri untuk dihadapi dan ditaklukkan, hingga wisatawan dapat bermandi ria pada air terjun tingkat ke-4, yang mempesona dan cukup landai untuk dinikmati.
Di Obyek Wisata Curug Pitu disediakan berbagai fasilitas seperti Gardu Pandang, Jalan Setapak & Fasilitas Umum.

Aksesbilitas
Berjarak 10 km dari kota Banjarnegara ke arah timur.  Dapat ditempuh dengan berkendara roda dua dan empat selama sekitar 10-15 menit dari pertigaan jalan Tekidadi yang terletak di jalan Propinsi Banjarnegara - Wonosobo.  Pintu masuk ke curug ini ditandai dengan plang yang bertuliskan Obyek wisata Curug Pitu yang berada tepat di sebelah Balai Desa Sigaluh.


Lokasi


Air Terjun (Curug) Pitu (Kemiri) - Banjarnegara, Wisata, Foto, Pemandangan

Aksesibilitas


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Air Terjun Pitu (Kemiri) - Banjarnegara, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Air Terjun Di Indonesia
0 comments "Air Terjun Pitu (Kemiri) - Banjarnegara", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment