Air Terjun Semawur - Kendal

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai lokasi, aksesibilitas, fasilitas, tiket Air Terjun Semawur - Kendal. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan air terjun indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Lokasi
Terletak di perbatasan Kabupaten Kendal dan Batang, tepatnya di Dusun Jiwan, Desa Blumah Kecamatan Plantungan Kabupaten Kendal, Propinsi Jawa Tengah.
Peta dan Koordinat GPS:

Air Terjun Semawur - Kendal
Harus diakui, jarang orang yang tau akan keberadaan curug satu ini kecuali orang lokal. Walaupun terletak di Kendal, pun, saya yakin tidak semua orang Kendal mengetahui keberadaannya. Ohya, lokasinya sendiri pun saya juga masih belum yakin masuk kabupaten yang terkenal akan rambak Dwijonya itu atau Batang. Yah kabupaten manapun itu, pintu masuk yang saya datangi kala itu dari Plantungan, Kendal.
Curug Semawur terdiri dari 8 tingkat dengan airnya yang jernih dan tidak pernah kering di musim kemarau.   Pada tingkat pertama air mempunyai ketinggian sekitar 25 meter, dan tingkat kedua berketinggian 50 meter.  Dari dasar lembah, hanya tiga tingkat air terjun yang bisa dilihat dengan mata.
Curug ini berada di ketinggian 1300 m dpl dan mengalir di Kali Bajang.
Untuk sampai di air terjun “Curug Semawur” ini,ada 2 alternatif jalan yang bisa kita lalui, pertama kalau kita ingin berbasah-basahan ria, kita bisa langsung menyusuri aliran sungai lampir ini sampai keatas dengan waktu kurang lebih satu jam, namun kalau kita ingin sedikit lebih santai, kita bisa juga lewati jalan setapak yang berada diperbukitan, namun jangan kaget kalu kita bertemu dengan tanaman liar serta semak-semak, yang tingginya lebih tinggi dari badan kita sendiri, dan jalan setapak tersebut merupakan jalan menuju ke Curug Semawur yang harus kita lalui.
Perjalanan disinipun tak kalah menariknya, selain terdapat ladang penduduk yang begitu luas, serta ditanami beraneka jenis tanaman, disepanjang jalan setapak inipun banyak ditanami kopi, yang merupakan andalan pertanian dari warga sekitar, selain cengkeh dan buah melinjo tentunya.

Aksesbilitas
Berjarak sekitar 33 km dari kota Semarang.  Untuk mencapai lokasi ke curug dari dusun Jiwan ditempuh dengan berjalan kaki selama 1,5 jam sejauh sekitar 2 km dengan kondisi naik turun.
Untuk curug simawur terletak di perbatasan kabupaten kendal dengan batang,tapi sudah masuk batang. Perjalanan ditempuh kurang lebih 2 jam dari sukorejo, sudah termasuk perjalanan menggunakan kendaraan dan jalan kaki menuju ke lokasi. Perjalanan yang cukup melelahkan karena harus berjalan lebih dari 1 jam untuk melihat indahnya curug simawur.
Cukup sulit memang mengetahui letak air terjun ini karena akses menuju kesana terbatas dan tidak ada tanda penunjuk jalan menuju kesana. Jadi pure kita menggunakan jurus silat lidah kita untuk sampai ke lokasi. Dari desa ke desa kita harus rajin bertanya hingga sampai ke desa terakhir dan terpaksa dari situ kita tidak bisa melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan bermotor karena medan yang ditempuh tidak memungkinkan untuk dilewati kendaraan.
Mulai dari melewati hutan kecil,lereng bukit, hingga menyusuri sungai untuk sampai ke lokasi. Namun semua itu tidaklah sia2 karena pemandangan dan suasana di bawah air terjun simawur menghilangkan semua rasa kesel,capek,emosi,takut. sungguh pemandangan yang alami dan indah. Air terjun ini sendiri memiliki ketinggian yang lumayan,sama seperti curug sewu kalo saya pikir. tidak ada sampah,polusi yang mengganggu yang membuat suasana hati kembali cerah.
jadi silahkan anda mencoba kesana dan jangan terlalu mudah putus asa,,karena dibalik kekesalan dan rasa capek dapat terobati setelah samapai ke lokasi.


Lokasi


Air Terjun (Curug) Semawur - Kendal

Aksesibilitas


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Air Terjun Semawur - Kendal, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Air Terjun Di Indonesia
0 comments "Air Terjun Semawur - Kendal", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment