Air Terjun Montel - Kudus

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai lokasi, aksesibilitas, fasilitas, tiket Air Terjun Montel - Kudus. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan air terjun indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Lokasi
Terletak di Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Propinsi Jawa Tengah.
Peta dan Koordinat GPS: 6° 38' 28.49" S  110° 53' 36.32" E

Air Terjun Montel - Kudus
Obyek wisata Air Terjun Montel terletak di sebelah utara Makam Sunan Muria, di kaki  Pegunungan Muria dengan puncaknya Songolikur (± 1.602 meter).  Air Terjun Montel memiliki ketinggian sekitar 50 m dengan suhu sekitar berkisar 18-20 derajat Celsius.
Di wilayah ini juga terdapat Air Terjun Gonggomino yang dapat dicapai dengan berjalan kaki menyusuri sebuah sungai yang terdapat  di kawasan di Rejenu.

Aksesbilitas
Berjarak kira-kira 1,5 km dari Pesanggrahan Colo atau 18 kilometer ke utara dari Kota Kudus (alun-alun).  Dari terminal kota Kudus menggunakan angkutan kota ke jurusan Colo.  Setiba di tempat parkir terakhir angkutan kota, perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki sekitar 1,5 km melalui jalanan aspal yang menanjak, dengan kiri kanan hutan kopi, hingga tiba di pintu gerbang lokasi air terjun.  Di tempat parkir ini juga tersedia angkutan ojek bagi yang malas berjalan.
Selanjutnya dari pintu gerbang untuk menuju air terjun Montel ini harus melewati jalan setapak naik turun sekitar 500 m jaraknya.

Fasilitas dan Akomodasi
Fasilitas yang tersedia antara lain area parkir, mushola, warung makan dan kios-kios yang menjual  cenderamata khas Colo, seperti tongkat colo dan kayu pengusir tikus.
Adapun akomodasi yang ada adalah Graha Muria yang dibangun Pemerintah Kabupaten Kudus sebagai tempat peristirahatan, penginapan, dan ruang pertemuan.

Tiket dan Parkir
Tiket masuk adalah Rp 5000 per orang.

Wisata Lain
Makam Sunan Muria. Makam Sunan Muria (Syekh R. Umar Said, salah satu dari walisongo/wali sembilan) yang menyatu dengan Masjid Sunan Muria yang terletak di salah satu puncak Gunung Muria.  Makam Sunan Muria ini dapat dicapai dengan berjalan kaki melewati sekitar 700 tangga dari pintu gerbang di dekat lokasi parkir mobil/bus.  Makam ini sangat ramai dikunjungi peziarah yang berasal dari berbagai daerah, terutama pada saat Upacara Buka Luwur yang diselenggarakan setiap tanggal 6 Muharam.  Dimana dalam Upacara Buka Luwur, para peziarah berusaha mendapatkan luwur (bekas kain penutup makam) yang dipercaya dapat membawa keberuntungan.


Lokasi


Air Terjun, Curug, Montel Kudus, Wisata, Pesona, Foto, Pemandangan

Aksesibilitas


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Air Terjun Montel - Kudus, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Air Terjun Di Indonesia
0 comments "Air Terjun Montel - Kudus", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment