Air Terjun Binangun Watu Jadah - Wonogiri

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai lokasi, aksesibilitas, fasilitas, tiket Air Terjun Binangun Watu Jadah - Wonogiri. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan air terjun indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Lokasi
Terletak di Dusun Grenjeng, Desa Girimulyo, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri, Propinsi Jawa Tengah.
Peta dan Koordinat GPS: 7° 44' 38.33" S  111° 9' 39.17" E

Air Terjun Binangun Watu Jadah - Wonogiri
Air Terjun Binangun Watu Jadah  berada di di lereng Pegunungan Lawu Selatan.   Ada dua air terjun di wilayah itu dan salah satunya merupakan air terjun yang tinggi yang dinamakan Watu Jadah.  Saat ini, masih banyak orang yang belum mengetahui keberadaan air terjun itu. Bahkan warga sekitar pun masih ada yang belum mengetahuinya.
Nama air terjun Watu Jadah berasal dari formasi bebatuan di sekitar air terjun yang berupa lempengan batu berbentuk kotak dan saling bertumpuk seperti jadah atau makanan yang terbuat dari ketan. Uniknya, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 m dengan tiga alliran terjunan air.
Selain Air Terjun Watu Jadah tak jauh dari lokasi ini terdapat pula air terjun lain dengan nama Air Terjun Sendang Pelangi.  Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 m dengan dinding bebatuannya yang berwarna warni seperti pelangi.

Aksesbilitas
Terletak 43 km ke arah timur kota Wonogiri.  Dapat ditempuh dengan menggunakna kendaraan pribadi atau umum.
Sesampainya di Kecamatab Jatipurno perjalanan diteruskan ke arah utara sejauh 13 km hingga tiba di pelataran parkir lokasi air terjun tersebit berada. Selanjutnya dari pelataran parkir ini diteruskan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak sejauh kurang lebih 250 m
Bagi yang menggunakan kendaraan umum dari Terminal Jatisrono
O iya hampir lupa, obyek wisata “Watu Jadah ini terletak di wilayah timur Wonogiri, kira” 30Km dari kota Wonogiri. Tepatnya di wilayah Dusun Grenjeng, Desa Girimulyo, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri.
Kalau mau ke obyek wisata “Watu Jadah” anda harus menuju terminal Jatisrono kemudian ke utara arah kec.Jatipurno trus sampai terminal Jatipurno kanan kira” 50m belok kiri, mulai dari situ sudah ada penunjuk arah.
Di Dusun Grenjeng Desa Girimulyo Kecamatan Jatipurno terdapat potensi wisata alam yang tersembunyi yaitu wisata air terjun di bawah kaki atau lereng pegunungan Lawu Selatan.  Nama wisata air terjun itu yaitu air terjun Watu Jadah. Selain Air Terjun watu Jadah sebenarnya masih terdapat satu air terjun lagi yaitu air terjun Binangun.
Bagi pecinta alam pastilah menyukai perjalanan ke air terjun ini dikarenakan perjalanan menuju ke air terjun Watu Jadah cukup sulit. Dikarenakan belum adanya akses jalan untuk kendaraan maka perjalanan menuju ke air terjun pastilah sangat menarik, selain jarak yang kita tempuh cukup jauh kitapun harus melalui jalan setapak sepanjang perjalanan kita disuguhkan dengan pemandangan persawahan yang indah dan suara-suara burung yang menemani kita sepanjang perjalanan selain suara gemericik air sungai. Selain jalan setapak kita juga akan menyusuri sungai kecil untuk menuju ke lokasi air terjun, perjalanan di tepi sungai ini cukup menarik dikarenakan masih pepohonan yang rindang dan jalan sempit yang naik turun membuat kita merasa benar-benar kembali ke alam. Namun perjuangan kita tidaklah akan sia-sia karena di air terjun pertama yaitu air terjun Binangun terdapat 3 kubangan yang tidaklah dalam sehingga bisa kita pakai untuk menyegarkan badan setelah perjalanan selama kurang lebih 1 jam. Untuk menuju air terjun Watu Jadah pengunjung masih harus berjalan lagi selama 20 menit untuk sampai ke air terjun Watu Jadah. Jika dilihat sepintas, air terjun ini tampak seperti air terjun lainnya. Akan tetapi jika diperhatikan seksama maka akan ditemukan keunikan dari air terjun Watu Jadah ini. Lempengan bebatuan bertumpuk dengan garis kemiringan 65-90 derajat diibaratkan seperti jadah (makanan berbahan ketan). Menariknya lagi, aliran air terjun ini bisa disesuikan sesuai keinginan. Pengunjung bisa mengatur air terjun sendiri sesuai selera. “Aliran airnya bisa disetel sesuai keingingan, mau yang lebar atau yang kecil. Caranya sederhana, tinggal ke atas membendung sungai diatasnya. Warga yang biasa kesini mesti sering memainkan bendungan diatasnya,” katanya.

Tiket dan Parkir
Tiket masuk adalah Rp 2000 per orang dan biaya parkir Rp 1000.


Lokasi


Foto

Aksesibilitas


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Air Terjun Binangun Watu Jadah - Wonogiri, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Air Terjun Di Indonesia
0 comments "Air Terjun Binangun Watu Jadah - Wonogiri", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment