Air Terjun Gendang, Pandeglang - Banten

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai Air Terjun Gendang, Pandeglang - Banten. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan air terjun indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Curug Gendang berada di desa sukarame Kecamatan Carita kabupaten Pandeglang, Banten, Indonesia. Air Terjun Curug Gendang memiliki tinggi 7 Meter luas 10 meter dengan kedalaman 13 meter dan berada di ketinggian 170 meter di atas permukaan laut.

Curug berasal dari bahasa Sunda yang Air Terjun sedangkan Gendang merupakan alat musik tradisional yang ditabuh dengan tangan kosong seperti Drum pada alat musik modern yang ditabuh dengan stik (tongkat kecil). Curug Gendang asalnya bernama Curug Citajur, karena suaranya mirip alat musik tradisional Gendang maka kemudian masyarakat sekitar menyebutnya Curug Gendang.


Lokasi

Terletak di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Propinsi Banten.
Peta dan Koordinat GPS: 6° 19' 11.04" S  105° 51' 1.27" E

Air Terjun Gendang, Pandeglang - Banten

Aksesibilitas

Dari jalan raya Carita berjarak sekitar 2 km, (30 menit berkendara) atau sekitar 3,5 km dari Taman Wisata Alam Carita.  Setelah sampai di areal parkir atau pos jaga perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak sekitar 1 km hingga tiba di lokasi.  Kondisi jalan setapak ini berliku, menanjak dan menurun dengan kontur jalan yang berbatu dan cukup licin.


Fasilitas

Di kawasan ini terdapat beberapa home stay, pesanggrahan, dan wisma dengan berbagai tipe untuk tempat menginap.  Selain itu juga tersedia areal camping ground yang kerap kali digunakan pengunjung untuk berkemah dengan hanya membayar Rp.10000 per orang untuk satu malam.

Berbagai fasilitas lainnya juga tersedia, seperti areal parkir, pos jaga dan toilet.  Warung-warung penjual makanan dan minuman pun ada di areal lokasi ini sehingga pengunjung tidak akan kelaparan bila berkunjung ke curug ini.


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Harga tiket masuk adalah Rp 2500 per orang.

Sekian artikel dari Air Terjun Inside mengenai Air Terjun Gendang, Pandeglang - Banten, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Air Terjun Di Pandeglang, Banten
Daftar Tempat Wisata Di Pandeglang, Banten
0 comments "Air Terjun Gendang, Pandeglang - Banten", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment