Air Terjun Pengantin - Banyumas

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai lokasi, aksesibilitas, fasilitas, tiket Air Terjun Pengantin - Banyumas. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan air terjun indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Lokasi
Terletak di Grumbul Cidondong, Desa Cirahab, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas, Propinsi Jawa Tenah.
Peta dan Koordinat GPS:

Air Terjun Pengantin - Banyumas
Air terjun pengantin atau curug pengantin adalah sebuah air terjun yang terletak di Desa Cirahab, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas. Mungkin memang belum terkenal seperti curug curug lain di banyumas, namun air terjun ini tak kalah indahnya dari yang lain. Air terjun ini kurang lebih 8km dari kecamatan Wangon. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 25 m. Debit air di air terjun ini cukup besar bila sedang musim penghujan , namun jika kemarau debit airnya tidak begitu besar, namun tidak pernah kering. Akses jalan menuju air terjun ini memang tidak begitu sulit, namun perlu kewaspadaan dan kehati hatian. Untuk menuju ke air terjun ini bisa menggunakan kendaraan bermotor, namun harus dilanjutkan dengan jalan kaki sejauh 800 m.
Curug Pengantin Banyumas ini masih bisa terbilang sepi dan sekitar 8 kilometer dari Kecamatan Ajibarang. Jalannya pun menanjak dan belum diaspal. Kendati begitu, air di curug ini tak pernah kering dan selalu mengalir airnya baik musim hujan maupun kemarau.
Kalau dilihat dari ketinggiannya, memang air terjunnya tidak setinggi air terjun lainnya di wilayah Indonesia dan hanya sekitar dua meter tingginya. Namun yang istimewa dari air terjun ini lantaran warga yang tinggal di sekitaran air terjun itu mempercayai apabila  mandi di Curug Pengantin ini bisa untuk menolak bala atau kesialan. Selain itu,jika kita mandi di sini dapat mempercepat dapat jodoh.

Aksesbilitas
Berjarak sekitar 40 km dari kota Purwokerto atau 8 km dari Kecamatan Wangon dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua selanjutnya di teruskan dengan berjalan kaki sejauh 800 m.
Dari terminal wangon anda menuju arah desa cirahab melalui desa jurangbahas. Disini kondisi jalan kurang begitu bagus, sebagia aspal sudah mengelupas jadi anda perlu hati. Sekitar 15 menit anda akan sampai di lokasi balai desa cirahab. Tenang saja untuk sampai ke desa cirahab mudah kok, dan sudah ada petunjuk arahnya. Kemudian siapkan mental dan kendaraan anda untuk berpetualang ke grumbul cidondong tempat lokasi curug pengantin berada. Pertama anda akan mendapatkan jalan yang cukup baik karena masih belum lama di aspal, setelah hampir 2 kilometer maka anda akan menemui jalan yang yang luar biasa. Sungguh asyik untuk petualangan yang penting berdoa saja semoga ban kendaraan anda tidak bocor. Ikuti saja maka anda akan segera sampai ke lokasi curug pengantin. Yang sabar ya sobat…


Lokasi


Air Terjun (Curug) Pengantin - Banyumas, Wisata, Foto, Pemandangan

Aksesibilitas


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Air Terjun Pengantin - Banyumas, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Air Terjun Di Indonesia
0 comments "Air Terjun Pengantin - Banyumas", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment